• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Output dan Outcome Mengikuti PKM, sebuah Pengalaman Penerima Hibah PKM-P 2013


Yogyakarta, 31 Januari 2015, 06:36 WIB
Di tulis oleh Mori Manjusri

Banyak yang menyatakan bahwa suatu usaha yang di lakukan dengan bersungguh- sungguh pasti akan berbuah hasil yang manis. Setidaknya itulah yang penulis rasakan dan dapatkan pada beberapa waktu lalu. Pada akhir tahun 2013 lalu, penulis telah mengikuti program kreatifitas mahasiswa (PKM) bidang penelitian yang selenggarkan oleh DIKTI dan penulis ikuti di kampusnya, Universitas Muhammadyah Yogyakarta.

vvvvPada saat mendaftar, kelompok penulis terdiri atas tiga orang yaitu penulis (Mori Manjusri), Fatowiardi Rahman, dan Fitri Ardiyanti. Setelah proposal penelitian mereka selesai di buat lengkap dengan isi proposal, rincian biaya, target pelaksanaan, hingga biodata peserta, kemudian di upload di SIMLITABMAS. Hal ini mereka lalukan karena hal demikian yang menjadi persyaratan untuk mengikuti program tersebut.

Waktu yang di nanti pun tiba, ternyata proposal yang mereka ajukan dan upload beberapa waktu lalu di terima sebagai penerima hibah PKM-P tahun 2013. Dengan mengucap puji dan syukur penulis dan anggota pelaksana mengucapkan hamdalah kehadirat Allah SWT. Saat itu penulis tergabung sebagai 113 kelompok yang menerima hibah PKM di universitasnya. Setelah penulis mengetahui judul penelitian telah di terima, penulis pun menghubungi dosen pendamping untuk mengetahui langkah selanjutnya.

Informasi di terimanya judul yang mereka ajukan kemarin kemudian di beritahukan kepada kedua anggotanya, yaitu Fatowiardi Rahman dan Fitri Ardianti. Namun demikian, ternyata Fitri Ardianti mengundurkan diri dengan beberapa sebab dan alasan sehingga penulis mencoba untuk menggantikannya. Dengan komunikasi dan berdiskusi mengenai calon pengganti bersama Fatowiardi Rahman, penulis menetapkan bahwa mereka mengambil mahasiswa PBI UMY angkatan 2012 yang bernama Didit Nur Yulianto.

Judul penelitian penulis dalam PKM-P mereka yaitu “Perspektif Mahasiswa terhadap perilaku seks bebas di Yogyakarta”. Yang menjadi responden dalam penelitian itu adalah mahasiswa/i yang tersebar di 15 buah perguruan tinggi di Yogyakarta, dengan setiap perguruan tingginya berjumlah 50 orang responden.

Kelima belas perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi yang menjadi lokasi di mana penulis dan anggota melakukan penelitian. Untuk melakukan penelitian di perguruan tinggi tersebut, penulis terlebih dahulu mengirimkan surat permohonan izin yang di sahkan oleh ketua LPKA UMY.

Setelah izin untuk melakukan penelitian telah di dapatkan dari perguruan tinggi yang di tunjuk, kemudian penulis mengambil data melalui memberikan kusioner kepada mahasiswa/i di perguruan tinggi tersebut. Data yang telah di peroleh tersebut kemudian di olah dan di analisis melalui SPSS. Setelah semua lengkap, penulis kemudian menuliskan data tersebut kedalam sebuah laporan penelitian yang berbentuk karya tulis ilmiah.

Hasil karya tulis ilmiah tersebut kemudian penulis sebar di 15 buah perguruan tinggi. Langkah akhir penulis dan anggota kelompok dalam menjalankan program ini yaitu adanya MONEV (Monitoring and Evaluation) yang di adakan sebanyak 3 kali, yang mana di monev terakhir di lakukan oleh pihak DIKTI itu sendiri. Namun demikian, semua tantangan tersebut telah mereka lewati dengan baik dan indah.

Setelah mengikuti program tersebut, output yang penulis dan anggota dapatkan yaitu mereka telah bisa memberikan sumbangsih terhadap kemajuan bangsa ini melalui hasil penelitian yang telah mereka lakukan, serta mereka juga telah bisa menerapkan tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya penelitian. Sedangkan outcame yang di dapatkan oleh kelompok ini, khususnya penulis sebagai ketua kelompok yaitu penulis merasakan atmosfer intelektualitas mahasiswa di tingkat perguruan tinggi, menjalin komunikasi dengan mahasiswa dan tenaga pendidik di perguruan tinggi di Yogyakarta, dan bisa memimpin kelompok ini meraih tujuan yang telah di tentukan.

Lolosnya dan telah di laksanakannya PKM-P yang di lakukan oleh penulis dan anggota kelompoknya merupakan suatu capaian yang sangat luar biasa bagi mereka. Penulis berharap kesempatan untuk mengikuti hal serupa dapat di lakukannya lagi, mengingat program seperti ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: