• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Deskripsi Tujuan Wisata Utama di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat


Yogyakarta, 21 Januari 2015 pukul 15.40 WIB
Oleh Mori Manjusri

Kabupaten Sambas merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini terletak di sebelah utara ibukota Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak dan berbatasan langsung dengan negera tetangga, Malaysia. Selain berbatasan langsung dengan negara tetangga, Kabupaten Sambas juga berbatasan langsung dengan kabupaten- kabupaten yang terdapat di Provinsi Kalimantan Barat, misalnya Kota Madya Singkawang di sebelah selatan, Kabupaten Bengkayang di sebelah Barat, dan Laut Natuna di sebelah timur.

ccKabupaten ini kaya akan warisan budaya melayu dan masyarakatnya yang sangat ramah. Dengan memiliki hamparan luas pantai pasir putih sepanjang 53 KM, yang terbentang dari kawasan Tanjung Selimpai dan Tanjung Bendera hingga Tanjung Datok membuat kabupaten ini menjadi destinasi tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Menurut profil potensi ODTW Kabupaten Sambas, terdapat 23 destinasi tujuan wisata yang menjadi andalan Kabupaten Sambas. Adapun tempat wisata tersebut sebagai berikut:

1. Pantai Selimpai
Pantai Selimpai merupakan destinasi wisata pantai utama di Kabupaten Sambas. Pantai ini terletak di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Kelebihan pantai ini di bandingkan dengan pantai lainnya yaitu lokasinya yang terletak di sebuah pulau kecil, dengan di hiasi dengan pohon pinus di tengah- tengahnya. Pengunjung di manjakan dengan beraneka hewan laut dan pohon pinus yang menakjubkan.

2. Danau Sebedang
Danau Sebedang merupakan salah satu danau terbaik di Kabupaten Sambas. Danau ini di kelilingi oleh bukit- bukit yang di penuhi oleh pepohonan yang rindang. Banyak wisatawan domestik yang mengunjungi danau ini untuk melapas kepenatan dan berekreasi. Danau ini sangat cocok bagi yang sudah berkeluarga.

3. Pantai Temajuk
Pantai Temajuk terletak di Kecamantan Paloh, Kabupaten Sambas. Pantai ini menawarkan keindahan pantai dan birunya laut yang mempersona. Pengunjung akan di manjakan dengan hamparan pasir putih dengan di hiasi berbagai jenis karang. Pantai ini menjadi destinasi wisatawan Kabupaten Sambas.

4. Keraton Kesultanan Sambas
Keraton Kesultanan Sambas menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Sambas. Terutama Keraton Alwazhiqoebillah menjadi warisan yang terpenting di Kabupaten Sambas. Di setiap tahunnya, di keraton ini mengadakan even tahunan pada 15 juli dan menggelar lomba sampan Badar.

5. Danau Sajingan
Danau Sajingan terletak di Kecamatan Sajingan, Kabupaten Sambas. Danau ini mempunyai air yang sangat bersih dan mempunyai pemandangan yang menyejukkan mata. Setiap pengunjung yang mengunjungi danau ini pasti akan tertarik untuk datang kembali.

6. Tanjung Dato
Tanjung Dato’ menjadi daerah terdepan di Kabupaten Sambas dan Indonesia. Tanjung ini berbatasan langsung dengan negara tetangga. Keindahan alam menjadikan tanjung ini sebagai tempat tujuan wisatawan di Kabupaten Sambas.

7. Kerajinan Tenun Khas
Selain identik dengan tempat wisatanya, Kabupaten Sambas juga terkenal dengan kerajinan khas tenunnya. Salah satu kerajinan tenun yang sangat terkenal yaitu Kain Lunggi yang menjadi ikon kain masyarakat Kabupaten Sambas. Kain ini dapat di gunakan di setiap hari besar dan menjadi persyaratan dalam prosesi lamaran pernikahan.

8. Tanjidor
Tanjidor merupakan musik khas melayu Kabupaten Sambas. Alat musik ini berupa alat tiup aluminuim berbalut baja dengan bentuk yang sangat khas. Alat musihanya di gunakan pada saat hari perayaan, misalnya hari pesta perkawinan.

9. Sungai Sambas
Kabupaten Sambas terkenal dengan sungainya, yaitu sungai Sambas. Sungai ini terbentang dari Pemangkat hingga ke Kecamatan Sambas. Khusus di Kecamatan Sambas itu sendiri, banyaknya rumah terapung di tepi sungai menjadikan sungai ini sangat khas. Selain itu, sungai ini juga di lintasi oleh jembatan yang cukup populer di kalangan masyarakat Kabupaten Sambas yaitu Jembatan Sabo’.

10. Pantai Polaria
Pantai ini terletak di Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas. Dengan hamparan bebatuan yang luas dan pemandangan laut yang indah menjadikan Pantai Polaria menjadi destinasi tujuan wisatawan domestik di Kabupaten Sambas dan sekitarnya.

11. Pantai Putri Serai
Terletak di Kecamatan Jawai, Pantai Putri Serai menjadi salah satu pantai terbaik di Kabupaten Sambas. Luasnya hamparan pasir putih sejauh mata memandang dan di hiasi dengan pohon nyiur yang melambai- lambai menjadikan pantai ini tempat tujuan wisatawan domestik di Kabupaten Sambas. Setiap hari lebaran idul Fitri dan Idul Adha, terdapat pertunjukan musik secara langsung di pantai ini, yang menyedot berbagai kalangan untuk mengikutinya.

12. Pantai Tanjung Batu
Tanjung Batu terletak di sebelah selatan Kabupaten Sambas, tepatnya di Kecamatan Pemangkat. Pantai ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mencari ketenangan. Dengan di hiasi hamparan bebatuan dan indahnya pemandangan laut menjadikan daerah ini sangat cocok bagi pengunjung.

13. Makam Kesultanan Sambas
Makam kesultanan Sambas terletak di Kecamatan Sambas. Makam ini merupakan kompleks pemakanan Raja- raja yang pernah memerintah Kabupaten Sambas beserta keluarganya.

14. Masjid Kesultanan Sambas
Masjid yang cukup terkenal di Sambas yaitu masjid Kesultanan Sambas.
15. Pantai Camar Bulan
16. Cagar alam Lo Pat Pim Pi
17. Cagar Alam Raya Pasi
18. Cagar Alam Gunung Nyiut
19. Pantai Dungun Laut
20. Pantai Tanjung Kemuning
21. Gua Alam Santok
22. Air terjun Riam Caggat
23. Pantai Sinam

Kedua puluh tiga tempat tersebut menjadi daerah destinasi wisata di Kabupaten Sambas. Selain mengandalkan wisata alam dan budayanya, Kabupaten Sambas juga menawarkan wisata kuliner dan pakaian tradisional kepada pengunjung. Salah satu makanan khas Kabupaten Sambas yang cukup terkenal yaitu bubur pedas. Selanjutnya, kain tradisional yang menjadi khas masyarakat Kabupaten Sambas yaitu Kain Lunggi yang menjadi pakaian khas masyarakat Melayu di Kabupaten Sambas.

Referensi
Barat, D. P. (2014). Usaha dan Sarana Kepariwisataan Daerah Kalimantan Barat. Dalam Profil Potensi ODTW Kabupaten Sambas (hal. 12). Pontianak: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalimantan Barat.

One Response

  1. Wiiihhh banyak banget Pantai yang ada di Sambas, keren gan apalagi kalau di tambah ada fotonya. Keren.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: