• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

BERPERILAKU HIDUP CERIA DIMASA KEHAMILAN SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK MANUSIA YANG BERKUALITAS DAN BERAKHLAK, Sebuah Esai Oleh Mori Manjusri


A. PENDAHULUAN
Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna, yang mana telah dibekali oleh Allah SWT dengan akal dan fikiran. Akal dan fikiran tersebut yang membedakan antara manusia dengan mahkluk- mahkluk Allah lainnya. Dengan mempunyai kelebihan tersebut, maka manusia bisa menjadi pemimpin/ khalifah dimuka bumi ini. Akan tetapi, dengan kelebihan yang telah diberikan oleh Allah SWT terkadang membuat manusia lupa untuk melaksanakan apa yang menjadi tanggung jawabnya. Hal tersebut membuat berbagai permasalahan yang tejadi dimuka bumi ini, misalnya manusia menjadi kehilangan arah dan jati diri, rendahnya iman dan taqwa manusia kepada Allah SWT, serta berbagai kerusakan alam yang disebabkan oleh tangan- tangan manusia.

imagesPertama, manusia diciptakan oleh Allah SWT dalam bentuk yang sempurna. Dengan bentuk yang paling sempurna tersebut membuat manusia menjadi khalifah/ pemimpin dimuka bumi ini. Namun demikian, tanggung jawab yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada manusia masih manusia lalaikan. Akibatnya, manusia akan kehilangan arah dan jati diri yang dimiliknya. Hilanganya arah tersebut membuat manusia semaking jauh dari Allah SWT dan qodrat manusia.
Kedua, manusia diciptakan oleh Allah SWT hanya untuk beribadah kepada-NYA. hAl tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS …. yang berbunyi:
Namun demikian, dengan segala kemewahan dan fasilitias yang dimiliki oleh manusia membuat manusia menjadi lupa dan jauh kepada Allah SWT. Hal ini terjadi karena rendahnya iman dan taqwa manusia kepada Allah SWT.
Ketiga dan yang terakhir, manusia diciptkan oleh Allah SWT untuk menjadi khalifah/ pemimpin dimuka bumi ini. Allah menugaskan manusia untuk selalu menjaga dan memperbaiki segala isi dan bentuk yang terdapat dimuka bumi. Namun demikian, demi untuk bertahan hidup dan untuk mendapatkan kekayaan yang berlimpah, manusia rela untuk merusak alam dan isinya, misalnya menebang pohon dihutan, menggusur lahan pertanian demi pembangunan rumah elit, mengekploitasi hutan dan isinya secara berlebihan, dan sebagainya. Dampak dari hal tersebut menyebabkan berbagai bencana alam yang terjadi, misalnya banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, dan sebagainya.
Permasalahan- permasalahan di atas merupakan hanya segelintir permasalahan yang terjadi pada diri manusia. Permasalahan tersebut merupakan akibat dari rendahnya manusia yang berkualitas dan berahklak mulia dalam menjaga alam dan seisinya. Oleh karena itu, cara yang dapat dilakukan dalam membentuk manusia yang berkualitas dan berahklak mulia dapat dimulai sejak masa kehamilan.
B. ISI
Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan bentuk yang paling sempurna. Dengan bentuk yang paling sempurna tersebut diharapkan akan terciptanya manusia- manusia yang berkualitas dan berahklaq mulia yang dapat menjaga alam dan seisinya serta bisa menjadi khalifah dimuka bumi. Membentuk manusia yang berkualitas dan berahklaq mulia dapat dimulai sejak masa kehamilan.
1. Pengertian Berperilaku Hidup Ceria dan Kehamilan
Hidup merupakan salah satu nikmat terbesar yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia dan mahkluk hidup lainnya. Terutama kepada manusia, kehidupan manusia dimulai sejak masa kehamilan hingga masa ajal tiba. Dimasa kehamilan tersebutlah, seorang ibu hamil sebaiknya berperilaku hidup ceria. Yang dimaksud dengan berperilaku hidup ceria adalah suatu pola hidup yang berlandaskan pada keceriaan dengan tanpa ada rasa permasalahan. Tujuan dari berperilaku hidup ceria ialah supaya membuat ibu yang hamil terhindar dari segala stress yang terjadi dimasa kehamilan.
2. Contoh Perilaku Hidup Ceria
Untuk mencetak manusia yang berkualitas dan berahklaq sejak masa kehamilan, maka cara yang dapat dilakukan yaitu dengan berperilaku hidup ceria. Terdapat berbagai upaya yang dapat dilakukan dalam berperilaku hidup ceria dimasa kehamilan, misalnya dengan memperbanyak komunikasi, memperbanyak beribadah kepada Allah SWT, melakukan kegiatan favorit, memperbanyak senyum dan tertawa, dan selalu berolahraga.
a) Memperbanyak Komunikasi
Komunikasi merupakan suatu proses interaksi antara satu orang dengan orang lainnya. Komunikasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik komunikasi secara langsung maupun komunikasi yang dilakukan tidak langsung. Contoh kemunikasi langsung yaitu komunikasi yang dilakukan antara seorang istri dengan suami, ibu dengan anak, dan sebagainya. Sedangkan contoh komunikasi tidak langsung ialah pengumuman/ berita dimedia massa. Tujuan dari memperbanyak komunikasi yaitu agar terciptanya hubungan yang harmonis antara satu dengan yang lainnya, sehingga terciptanya kesoliditan yang kuat antara sesama.
b) Memperbanyak Beribadah kepada Allah SWT
Allah SWT telah memerintahkan semua makhluknya untuk patuh dan tunduk kepada-NYA. Oleh karena itu, manusia dan makhluk lainnya diwajibkan untuk beribadah kepada Allah SWT. Ibu hamil sebaiknya selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, misalnya dengan rajin sholat, bersedekah, dan menyantuni anak yatim. Hal ini membuat kehidupan ibu tersebut akan semakin bermakna dan tentram, serta dapat membentuk anak yang sholeh dan patuh kepada orang tua.
c) Melakukan Kegiatan Favorit
Mendengarkan lagu favorit dan menonton film merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam berperilaku hidup ceria. Selain itu, ibu yang sedang hamil bisa melakukan kegiatan yang disenangi dengan tanpa mengurangi masa kehamilan. Adapun contoh yang dapat dilakukan yaitu membaca, mendengarkan dan membaca ayat Al- Quran, dsb.
d) Memperbanyak Senyum dan Tertawa
Untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan berakhlaq, maka memberikan senyuman dan tertawa dapat dilakukan sejak masa kehamilan. sebuah studi menyatakan bahwa ketika seseorang tertawa, maka seseorang tersebut telah melepaskan berjuta sel negatif yang terdapat pada dirinya. Hal ini terjadi karena ketika seseorang tertawa dan tersenyum, berarti telah melapaskan beban yang ada didalam hidupnya, baik bahagia maupun senang.
e) Melakukan Olaharaga secara rutin
Wanita yang hamil memerlukan cukup tenaga yang cukup baik sebelum dan sesudah melahirkan. Untuk mendapatkan tenaga yang cukup, sebaiknya olahraga tersebut dilakukan secara rutin. Adapun olahraga yang baik dilakukan pada masa kehamilan yaitu senam kehamilan. Selain mendapatkan tenaga yang cukup, melakukan olahraga yang rutin dapat membentuk anak yang sehat, baik jasmani dan rohani.

  1. Pengaruh Berperilaku Hidup Ceria Terhadap Kehamilan
    Berperilaku hidup ceria dimasa kehamilan menyebabkan berbagai pengaruh, baik kepada ibu hamil tersebut serta janin (calon anak) yang dikandungnya. Pengaruh tersebut terdiri dari dua macam, yaitu pengaruh terhadap mental dan fisik.
    a) Mental
    Pengaruh dari berperilaku hidup ceria terhadap mental membuat otak anak yang berada didalam kandungan akan berkembang. Selain itu, karakter anak akan terbentuk sejak dini. Hal ini terjadi karena segala aktifitas yang ibunya lakukan akan direspon dan diterima oleh anak. Hal tersebut menyebabkan anak sudah terbiasa dengan nuansa kehidupan yang harmonis dan agamis.
    b) Fisik
    Selain mental, berperilaku hidup ceria juga berpengaruh terhadap tumbuh fisik anak. Dengan terbiasa berperilaku hidup ceria akan membuat fisik anak akan terbentuk sempurna dan lahir dengan bobot yang sehat.

C. KESIMPULAN
Masa kehamilan merupakan masa yang sangat membahagiakan bagi ibu dan ayah, namun juga pada masa tersebut yang sangat menentukan keberhasilan dan kegagalan seorang anak. Hal ini terjadi karena pada masa kehamilan merupakan masa pembentukan karakter anak. Oleh karena itu, masa kehamilan sebaiknya dilakukan dan dilewati oleh ibu hamil dengan baik.
Berbagai permasalahan yang terjadi pada saat ini, misalnya kerusakan alam dan seisinya yang disebabkan oleh tangan manusia, kriminalitas, seksualitas, dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena rendahnya kualitas dan karakter mulia manusia. Oleh karena itu, berperilaku hidup ceria merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membentuk manusia yang berkarakter dan berahklaq mulia sejak masa kehamilan. Adapun upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memperbanyak komunikasi dengan sesama, memperbanyak beribadah kepada Allah SWT, memperbanyak tersenyum dan tertawa, dan melakukan olahraga secara rutin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: