• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

ROEC SEBAGAI AGENT OF CHANGE DI ASRAMA RAHADI OESMAN 1 KALBAR Oleh MORI MANJUSRI


A. Pendahuluan
Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat merupakan salah satu asrama mahasiswa daerah Kalimantan Barat yang terdapat di Yogyakarta. Asrama ini terletak di Jalan Bintaran Tengah, nomor 10, Yogyakarta. Dengan letak yang sangat strategis membuat Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat menjadi salah satu asrama mahasiswa Kalimantan Barat yang terdapat di Yogyakarta. Berbagai program yang telah disusun oleh pengurus Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat periode 2013- 2014 dalam rangka memajukan dan meningkatkan kapabilitas dan kualitas warga asrama, yang salah satunya dibidang KEDIKMUHAN yang mengadakan ROEC (Rahadi Oesman English Club).

ROEC (Rahadi Oesman English Club) merupakan suatu lembaga pembelajaran bahasa inggris yang terdapat di Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat. Pendirian ROEC di Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat dengan berbagai pertimbangan, misalnya masih minimnya pemahaman warga Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat mengenai bahasa inggris, adanya tuntutan peningkatan mutu dan kualitas warga asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat, tingginya minat dan keinginan warga Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat dalam belajar bahasa inggris, serta lokasi asrama Rahadi Usman yang terletak dikota Yogyakarta. Faktor tersebut yang kemudian menjadikan alasan mengapa ROEC didirikan di Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat.

Sesuai dengan namanya ROEC (Rahadi Oesman English Club), maka materi yang ditawarkan merupakan bahasa inggris. Adapun alasan mengapa bahasa inggris dijadikan sebagai materi utama dalam ROEC yaitu karena bahasa inggris merupakan salah satu bahasa utama didunia. Oleh karena itu, untuk bisa bersaing dan berkomunikasi dengan masyarakat secara global, maka warga Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat harus bisa menguasai dan menggunakan bahasa inggris (Manjusri, 2014). Terdapat tiga manfaat utama mengikuti ROEC bagi warga asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat yaitu: pertama, sebagai upaya mempelajari dan memperdalam pengetahuan mengenai bahasa inggris. Kedua, sebagai upaya membekali warga Asrama RO 1 dalam persaingan global, dan terakhir sebagai upaya dalam menciptakan generasi di Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat yang berkualitas dan berkompetensi. Manfaat tersebut yang menjadikan ROEC sebagai agent of change di Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat.

B. Manfaat ROEC Bagi Warga Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat
ROEC (Rahadi Oesman English Club) merupakan suatu lembaga pembelajaran bahasa inggris di Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat. Tiga manfaat utama ROEC bagi warga Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat, antara lain warga asrama Rahadi Oesman 1 Kalimanta Barat bisa mempelajari dan memperdalam pengetahuan mengenai bahasa inggris, sebagai bekal dalam menghadapi persaingan global, dan sebagai upaya dalam menciptakan generasi yang berkualitas dan berkompetensi di Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat.
1. ROEC Sebagai Upaya Mempelajari dan Memperdalam Pengetahuan Mengenai Bahasa Inggris
Memasuki abad ke 21, bahasa inggris telah berkembang pesat hampir keseluruh populasi masyarakat di bumi. Banyak orang mengikuti dan mempelajari bahasa inggris diberbagai institusi, baik di sekolah, perguruan tinggi, lembaga kursus, dan sebagainya. Terutama di Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat, warga asrama tersebut bisa mengikuti ROEC (Rahadi Oesman English Club) yang diadakan disetiap minggunya.
Sebelumnya warga Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat hanya mempelajari bahasa inggris ketika mereka berada disekolah menengah pertama dan atas, serta sedikit mempelajari bahasa inggris di perguruan tinggi. Akan tetapi saat ini warga asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat bisa mempelajari dan memperdalam pengetahuan mengenai bahasa inggris dengan lebih intensif, karena melalui ROEC diadakan setiap minggunya dan berada diasrama tersebut.

  1. ROEC Sebagai Upaya Persiapan Warga Asrama dalam Persaingan Global
    Diera globalisasi, setiap orang dituntut untuk bisa bersaing dan berkompetensi dengan orang lainnya. Salah satu indikator dalam persaingan diera globalisasi ialah bisa menguasai dan menggunakan bahasa inggris kedalam kehidupan sehari- hari. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan warga asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat dalam persaingan dan berkompetensi, maka ROEC sangat penting bagi seluruh warga asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat. Dengan pengetahuan dan keahlian berbahasa yang dimiliki oleh warga Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat, maka warga asrama bisa bersaing dan berkompetensi dengan masyarakat luas dalam berbagai hal, misalnya dalam mendapatkan pekerjaan, memperoleh informasi, berkomunikasi dengan masyarakat mancanegara, dan sebagainya.
  2. ROEC Sebagai Upaya dalam Menciptakan Generasi Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan yang Berkualitas dan Berkompeten
    Pembelajaran ROEC bagi warga asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat sangat berpengaruh positif terhadap perkembangan Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat pada umumnya dan bagi warganya pada khususnya. Dalam pelaksanaan ROEC, warga asrama dituntut untuk berfikir dan menerapkan bahasa inggris kedalam kehidupan nyata. Hal tersebut dapat menciptakan iklim akademis yang terjadi di Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat. Iklim akademik yang terdapat diasrama akan menyebabkan lahirnya generasi yang dapat berfikir secara logis dan bisa menjadi manusia yang dapat berkompetensi dan bersaing dengan masyarakat secara luas.

C. Kesimpulan
ROEC (Rahadi Oesman English Club) sangat penting untuk dilakukan dan diikuti oleh seluruh warga Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat. Pentingnya mengikuti ROEC tersebut memberikan pengaruh positif dan mendatangkan berbagai manfaat bagi warga Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat, misalnya warga diasrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat bisa mempelajari dan memperdalam pengetahuan mengenai bahasa inggris. Selain itu, warga Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat juga bisa dipersiapkan dalam menghadapi persaingan global yang semaking kompleks saat ini. Terakhir, pelaksanaan ROEC akan menciptakan generasi di asrama yang berkualitas dan berkompetensi.
Dengan berlatarbelakang manfaat tersebut, maka ROEC (Rahadi Oesman English Club) dapat menciptakan warga dan alumnus Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat yang bisa menjadi agen perubahan (agent of change) tidak hanya di Asrama Rahadi Oesman 1 Kalimantan Barat, namun juga dimasyarakat luas.

Bibliography
Manjusri, M. (2014, Maret 29). morimanjusri.wordpress.com. Retrieved Mei 18, 2014, from morimanjusri.wordpress.com/2014/03/29/bab-i-pendahuluan-roec-rahadi-usman-english-club/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: