• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

TIPS MENULIS ESAI DALAM LOMBA ESAI DI ASRAMA RAHADI USMAN 1 KALBAR


Menulis esai tidaklah sesulit yang seperti anda banyangkan. Sebenarnya, essai itu terdiri atas beberapa macam, misalnya Riset esai, posisi essai, dan essai biasa. Nah, sekarang kita akan terfokuskan dalam mempelajari essai biasa ini. Essai biasa merupakan sekumpulan tulisan yang sangat mudah untuk dilakukan. Terdapat beberapa hal yang mestinya anda lakukan dalam membuat essai ini, yaitu antara lain: menentukan judul, membuat pendahuluan, mengembangkan isi, dan membuat kesimpulan. Untuk hjelasnya, mari kita simak tatacara pembuatan essay di bawah ini.

  1. Menentukan judul

Pada kali ini kita akan melaksanakan lomba pembuatan essai diasrama kita bukan? nah oleh sebab itu, maka anda selaku peserta mestinya membuat judul. adapun tema dari lomba esai kita pada kali ini ialah “PERANAN ASRAMA RO 1 SEBAGAI AGENT OF CHANGE”. Berdasarkan pada tema diatas, maka anda harus membuat judul yang sesuai dengan tema diatas.

  1. Menentukan Pendahuluan (introduction of essay)

Setelah judul telah anda dapatkan, maka langkah selanjutnya ialah anda mesti membuat/ menentukan pendahuluan. Sebaiknya pendahuluan tidak terlalu panjang dan pendek, tapi semua itu harus mengena dengan judul yang anda ambil. Pada bagian pendahuluan ini, anda sebaiknya menuliskan latarbelakang mengapa anda mengambil judul, misalnya anda menyebutkan permasalahan yang terjadi, penomena, dan sebagainya. Dibagian akhir dari pendahuluan, anda menuliskan poin- poin utama dari judul tersebut. Nah, poin- poin tersebutlah yang menjadi kalimat pendukung dan anda harus menjelaskan poin tersebut pada bagian selanjutnya.

  1. Isi (Body of essay)

Dibagian pendahuluan, anda menyebutkan poin- poin yang menjadi permasalahan/ penomena mengapa anda menuliskan esai bukan? nah, pada bagian ini anda harus menjelaskan poin- poin tersebut. Adapun caranya anda harus menyebutkannya satu persatu dan menjelaskannya dengan tingkat analisis yang tinggi. Sebaiknya anda menuliskannya dengan kata petunjuk, misalnya dengan kata pertama, kedua, ketiga, selanjutnya, dan sebagainya.

  1. Kesimpulan (Conclusion)

Setelah anda menuliskan pendahuluan dan isi dari esai anda, sebaiknya anda menuliskan kesimpulan dari essai anda. Kesimpulan ini mencerminkan ide/ gagasan dari esai anda secara keseluruhan. Anda bisa mengulangi poin- poin pendahuluan pada bagian kesimpulan ini tentunya dengan bahasa yang berbeda Demikian proses/ tatacara penulisan esai biasa yang sangat mudah bukan? Nah, selanjutnya anda membuka laptop anda, dan mulai berfikirlah serta bekerjalah untuk membuat esai. Selamat Mencoba yaaa????? Essai ini telah dikembangkan oleh Mori Manjusri, 9 Mei 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: