• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Pertemuan Pertama: Pengalaman Baru Mengajar Siswa Senior di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta


        Pertemuan pertama merupakan awal dari Mori Manjusri melakukan mengajar di kelas XI IPS I. Pertemuan tersebut telah dilakukan pada hari rabu, 12 februari 2014 lalu. Pada pertemuan tersebut, Mori Manjusri telah memilih dan menggunakan skill reading (membaca) dalam menyampaikan materi kepada siswa. Adapun materi pokok yang diajarkan yaitu teks yang berbentuk hortatory exposotion, dengan tema

payment system in the world.
       Pada saat itu, Mori Manjusri telah memulai kelasnya pada pukul 12.05 setelah siswa, guru, dan mahasiswa praktikan telah melaksanakan ibadah sholat zuhur. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, Mori Manjusri memasuki dan memulai kelas. Untuk memulai kelas, pertama- tama yang Mori Manjusri lakukan ialah penulis memberikan salam dan mengkondisikan siswa. Ruang lingkup yang Mori Manjusri kondisikan ialah mengenai kerapian pakaian, siswa yang masih memainkan handphone, serta siswa yang masih duduk dengan membelakang papan tulis. Setelah hal tersebut dilakukan, kemudian Mori Manjusri mengambsen kehadiran siswa dikelas. Dikarenakan itu merupakan pertemuan pertama, Mori Manjusri kemudian memperkenalkan diri kepada siswa. Adapun yang menjadi bagian dalam perkenalan ialah nama, asal, jurusan, hobi, dan cita- cita.
        Untuk mendapatkan perhatian siswa terhadap mengenai materi yang akan disampaikan, maka pada pukul 12: 20 Mori Manjusri  menampilkan sebuat video tentang sistem pembayaran, yang bernama “Penggunaan Kartu Kredit sebagai gaya hidup”. Video tersebut diambil dari Youtube. Hasil yang didapatkan dari aktifitas tersebut yaitu siswa mempunyai gambaran mengenai materi yang akan dipelajari. Selain itu, Mori Manjusri juga melihat siswa telah fokus dan siap untuk menerima materi.
      Setelah setengah 10 menit berlalu, kemudian Mori Manjusri memberikan pertanyaan mengenai video tersebut. Beberapa siswa telah bisa memberikan tanggapan dan pendapat mereka mengenai video tersebut. Kemudian, Mori Manjusri memberikan pengertian singkat antara video yang telah ditonton dengan materi yang akan dipelajari. Materi yang telah disampaikan yaitu mengenai hortatory exposition. Agar adanya interaksi antar siswa dan Mori Manjusri, kemudian Mori Manjusri memberikan kesempatan bagai siswa untuk memberikan pertanyaan terhadap materi yang telah disampaikan.
       Setelah materi disampaikan, pada pukul 12: 40 Mori Manjusri kemudian memberikan sebuah teks yang diambil dari buku pelajaran bahasa inggris kelas XI. Teks tersebut merupakan salah satu contoh teks yang berjeniskan hortatori eksposisi dangan tema “we should change the payment system”. Setelah siswa menerima teks tersebut, kemudian siswa memahami teks tersebut. Agar memudahkan dalam memahami teks, kemudian Mori Manjusri memanggil siswa untuk menuliskan kosakata yang masih sulit dipahami dipapan tulis. Selanjutnya, penulis menghendaki beberapa siswa untuk membaca teks tersebut dengan nyaring dan secara bergantian.
      Pada pukul 12: 59, Mori Manjusri meminta siswa untuk membaca dan memahami teks tersebut, kemudian Mori Manjusri menyuruh siswa untuk mengerjakan tugas yang berasal dari teks tersebut. Pada pukul 12:15, siswa telah selesai mengerjakan soal tersebut. Kemudian Mori Manjusri dan siswa membahas soal tersebut bersama- sama. Agar mudah dalam penyampaian, siswa menuliskan jawaban mereka dipapan tulis dan dibahas bersama- sama. Setelah semua selesai, Mori Manjusri memberikan masukan atas kinerja siswa didalam kelas. Beberapa siswa telah dapat menerima pelajaran dengan baik, namun beberapa siswa lainnya masih belum fokus.
Memasuki pukul 13:20, Mori Manjusri memberikan pertanyaan singkat terhadap materi yang telah dipelajari bersama- sama. Setelah itu, penulis kemudian meminta siswa untuk menunjukkan kesulitan mereka selama belajar. Beberapa siswa menyebutkan bahwa mereka masih belum bisa memahami teks. Pada Pukul 13:29, Mori Manjusri telah menutup kelas dengan membaca doa bersama- sama dan mengucapkan salam kepada siswa.
        Berdasarkan pada praktik mengajar pada pertemuan pertama tersebut, maka Mori Manjusri telah mendapatkan berbagai informasi mengenai siswa yang diajar, dan kemampuan penulis dalam mengajar. Oleh karena itu, Mori Manjusri juga telah dapat menganalisis pembelajaran dan pengajaran yang terjadi selama penulis menyampaikan materi. Mengacu pada pertemuan pertama tersebut, Mori Manjusri telah mengetahui kemampuan dalam mengajar, mengetahui kelemahan selama menyampaikan materi, serta mendapatkan berbagai. Dalam rangka untuk mendapatkan informasi yang jelas, Mori Manjusri telah mencatat hasil pengamatan selama penulis melaksanakan kegiatan mengajar yang pertama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: