• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Hilangnya Motivasi, Hilangnya Prestasi Oleh Mori Manjusri


      Motivasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan seseorang. Layaknya sebuah kompor yang memanasi panci, seperti itulah pentingnya motivasi. Pentingnya motivasi berguna untuk semua kalangan, baik guru, pekerja swasta, PNS, pelajar, dan maupun mahasiswa. Adapun motivasi berfungsi sebagai pendorong seseorang untuk melakukan sesuatu dengan lebih.

    Jika berbicara dalam konteks dunia pendidikan di Indonesia, terdapat berbagai permasalahan yang melanda kaum pelajar saat ini. Permasalahan tersebut yaitu masih rendahnya kesadaran mahasiswa untuk memotivasi diri dalam mengembangkan diri dan masih tingginya angka mahasiswa yang kehilangan motivasi dalam belajar. Permasalahan- permasalahan tersebut menyebabkan berbagai dampak dan akibat bagi mahasiswa tersebut, misalnya mereka akan semakin tertinggal terhadap perkembangan zaman, tidak bisa bersaing dengan orang lain, serta tidak bisa berprestasi. Dengan kata lain, hilangnya motivasi menyebabkan hilangnya prestasi bagi mahasiswa. Hilangnya motivasi dapat menyebabkan dampak yang sangat serius tidak hanya bagi mahasiswa itu sendiri, namun juga bagi orang lain. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk mengatasi permasalahan- permasalahan diatas.

     Rendahnya motivasi mahasiswa dalam mengembangkan diri menyebabkan rendahnya penguasaan terhadap keahlian- keahlian mahasiswa. Pada umumnya, mahasiswa saat ini hanya berusaha dalam mengembangkan diri terhadap jurusan yang sedang mereka tekuni. Oleh karena itu, mahasiswa hendaknya tidak terfokus pada jurusan/ keahlian yang mereka ambil, namun melainkan mencakup keahlian- keahlian lainnya. Sebagai lembaga pendidikan, perguruan tinggi hendaknya menyediakan wadah yang dapat mahasiswa gunakan dalam mengembangkan diri, misalnya UKM, Kelas Ekstra Bahasa, dan lainnya.

Image     Selain rendahnya motivasi mahasiswa dalam mengembangkan diri, masih tingginya angka mahasiswa yang kehilangan motivasi menjadi permasalahan yang terjadi di Indonesia saat ini. Terdapat berbagai alasan yang menyebabkan mahasiswa mengalami kehilangan motivasi dalam belajar, misalnya suasana pembelajaran yang kurang menarik, minimnya dukungan orang tua dalam pemebelajaran mahasiswa, serta pribadi mahasiswa tersebut yang tidak mau untuk berkembang. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk mengatasi mahasiswa yang mengalami kehilangan motivasi dalam belajar, yaitu dengan memberikan semangat dan dorongan untuk lebih bekarya dan belajar. Memberikan semangat dan dorongan dimaksudkan agar mahasiswa yang mengalami kehilangan motivasi tersebut untuk lebih termotivasi dalam belajar. Akan tetapi, dalam menberikan dorongan dan semangat kepada mahasiswa pasti akan mengalami kendala dan hambatan bagi orang yang memberikan motivasi tersebut.

     Sesuai dengan tema diatas mengenai “hilangnya motivasi, hilangnya prestasi” menyebabkan mahasiswa yang kehilangan motivasi dalam belajar belum bisa, atau bahkan untuk tidak bisa dalam meraih prestasi. Maka oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa cara dalam mengatasi masalah rendahnya tingkat motivasi mahasiswa dalam mengembangkan diri dapat dilakukan dengan memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai aktifitas dan kegiatan di kampus, misalnya UKM, kelas Ekstrabahasa, dan sebagainya. Selain itu, sebagai upaya mengatasi tingginya angka mahasiswa yang mengalami motivasi dalam belajar, maka semua pihak untuk lebih mendorong dan memberikan semangat kepada mahasiswa untuk belajar. Sedangkan kepada diri pribadi mahasiwa yang mengalami kehilangan motivasi untuk lebih memacu diri dalam pengembangan diri dalam belajar.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: