• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Meningkatan Kualitas dan Kuantitias Pertanian Sebagai Upaya Mencapai Swasembada Pangan di Indonesia, oleh Mori Manjusri


       Indonesia merupakan sebuah negara agraris, yang mana sebagian besar penduduknya mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian utama. Terbentang dari Sabang sampai Merauke, sebagian besar masyarakat di Indonesia menanam tanaman yang berupa biji- bijian, buah- buahan, sayur- sayuran, palawija, dan lainnya. Hasil pertanian tersebut tidak hanya untuk konsumsi penduduk, tapi melainkan sebagai

pemasukan masyarakat di Indonesia. Hal ini dengan ditemukannya masyarakat yang menjual hasil pertaniannya di pasar.

     Pertanian dan perkebunan di Indonesia sangat cocok untuk dilakukan. Terdapat berbagai penyebab mengapa Indonesia sangat cocok untuk pertanian, misalnya Indonesia yang beriklimkan tropis, mendapatkan intensitas curah hujan yang cukup sepanjang tahun, serta tanah yang gembur dengan dipengaruhi oleh gunung merapi, dan lainnya. Faktor tersebutlah yang menyebabkan Indonesia sangat cocok untuk pertanian.

    Hasil partanian dan perkebunaan di Indonesia sangat bervariasi dan beragam, misalnya bawang, beras, advokat, cengkeh, kelapa sawit, jeruk siam, cokelat, kelapa, karet, bunci, serta hasil pertanian lainnya. Akan tetapi, bila dilihat dari kuantitas, sebagian hasil pertanian tersebut masih belum bisa mencukupi pangan masyarakat Indonesia. Hal ini masih adanya pemerintah Republik Indonesia yang melakukan import hasil pertanian dari negara lain untuk mencukupi kebutuhan pangan di Indonesia. Penyebab masih belum mencukupinya jumlah pangan bagi masyarakat Indonesia yaitu disebabkan oleh minimnya kualitas petani di Indonesia dalam mengerjakan pertanian, minimnya sarana dan prasarana, adanya bencana alam yang terjadi di Indonesia, serta jumlah lahan pertanian yang produktif tidak sebanding dengan jumlah masyarakat Indonesia yang memerlukan pangan.

     Minimnya kualitas dan kuantitas pertanian serta terjadinya bencana alam di Indonesia menyebabkan hasil pangan belum mencukupi untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Dengan demikian, diperlukan langkah yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut, yaitu dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian yang terdapat di Indonesia. Adapun terdapat empat cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian di Indonesia, yaitu: pertama, meningkatkan kualitas petani di Indonesia. Kedua, menanfaatkan lahan menjadi lebih produktif. Ketiga, mencetak lulusan pertanian yang unggul dan berkompetensi. Keempat yaitu meningkatkan sarana dan prasarana di Indonesia. Langkah terakhir yaitu dengan menciptakan dan menerapkan peraturan mengenai pertanian. Langkah tersebut merupakan cara yang dapat digunakan untuk mencapai swasembada pangan di Indonesia.

     Pertama, meningkatkan kualitas dan keahlian petani merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mencapai swasembada pangan di Indonesia. Meningkatkan kualitas petani sangat penting dilakukan, karena petani merupakan orang yang ikut dalam menghasilkan pangan di Indonesia, dan bahkan di dunia. Dalam meningkatkan kualitas petani, cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan pelatihan- pelatihan kepada petani. Adapun materi yang dapat disampaikan dalam pelatihan yaitu mengenai hal- hal yang berkaitan dengan pertanian, misalnya dalam proses penyemaian benih, teknik memanen tanaman yang baik, cara memupuk yang sesuai, serta materi- materi lainnya. Agar proses pelatihan ini berjalan dengan baik, maka petugas penyuluh lapangan (PPL) harus memberikan pelatihan kepada petani secara terus menerus dan berkala. Selain itu, diperlukannya kerjasama antar petani dalam bertukar informasi dan pengetahuan untuk menciptakan petani yang unggul dan berkualitas.

    Kedua, cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian di Indonesia yaitu lebih memanfaatkan lahan menjadi lebih produktif. Indonesia merupakan salah satu negara terluas di dunia. Harian Republika melaporkan bahwa lahan pertanian Indonesia berjumlah 13 juta hektar saat ini. Akan tetapi, jumlah tersebut akan semakin berkurang dan menyusut. Hal ini terjadi karena adanya perpindahan lahan pertanian untuk permukiman penduduk, pembangunan industri, serta manfaat lainnya. Oleh karena itu, sebagai upaya dalam mencapai swasembada pangan di Indonesia, maka lahan tersebut harus dimanfaatkan lebih produktif. Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberi modal bagi petani untuk mengembangkan lahan tersebut.

     Ketiga, mencetak lulusan pertanian yang unggul dan berkompensi merupakan cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian di Indonesia. Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan tertinggi di Indonesia harus menciptakan dan membuat lulusan mahasiswanya, khususnya bagi mahasiswa jurusan pertanian untuk lebih inovatif, produktif, dan efisien. Hal ini sesuai dengan visi, misi dan tujuan jurusan pertanian, yang salah satunya bagi jurusan Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. adapun visi, misi, dan tujuan fakultas pertanian UMY yaitu sebagai berikut:

1)      Visi

“menjadi Fakultas yang unggul pada tahun 2020 di Asia Tenggara dalam pengembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi bidang pertanian berlandaskan nilai-nilai”

2)      Misi

Sebagai penjabaran dari visi, maka Fakultas Pertanian UMY menetapkan misi pendidikan tinggi pertanian yaitu :

  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian untuk pembangunan bangsa dan negara.
  • Mengembangkan pendidikan bidang pertanian dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalm proses pembelajaran.
  • Mengembangkan penelitian bidang pertanian berbasis kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan.
  • Mengembangkan pemberdayaan masyarakat bidang pertanian berbasis riset dan teknologi.
  • Mengembangkan peserta didik yang berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pertanian, berakhlaq mulia, mempunyai wawasan luas, percaya diri dan mandiri serta mampu bersaing di pasar global.

3)      Tujuan

Fakultas Pertanian UMY menyelenggarakan proses akademik dengan tujuan sebagai berikut:

  • Menghasilkan sarjana pertanian yang berakhlaq mulia dan profesional di bidang pertanian yang mampu bersaing di  pasar global
  • Menghasilkan produk penelitian untuk pengembangan  pembelajaran, pemecahan permasalahan dalam pemberdayaan masyarakat dan pengembangan IPTEK pertanian.

(UMY, 2009)

 

        Keempat, sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian di Indonesia, maka meningkatkan sarana dan prasarana pertanian merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Sarana dan prasarana pertanian merupakan alat yang digunakan dalam menunjang pertanian, misalnya traktor, pengairan, dan lainnya. Untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah harus membantu para petani dan petugas penyuluhan pertanian (PPL) dalam menunjang peningkatan sarana dan prasarana di Indonesia, misalnya dengan memberikan bantuan kepada petani berupa traktor, pupuk bersubsidi, pengairan sawah, memberikan modal untuk bertani, dan lainnya. Selain itu, pemerintah membantu Petugas Penyuluhan Pertanian dengan cara memberikan bantuan berupa kendaraan yang digunakaan untuk bertugas, laptop dan infokus untuk memudahkan presentasi kepada petani, dan lainnya. Radar Kerawang melaporkan bahwa 60% keberhasilan pertanian di Indonesia merupakan peran dari petugas penyuluhan pertanian yang ikut meningkatkan kualitas pertanian di Indonesia.

       Terakhir, membuat dan menetapkan peraturan mengenai pertanian merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian. Dalam hal ini pemerintah Indonesia melalui dinas pertanian harus merumuskan aturan mengenai tata cara pelaksanaan pertanian di Indonesia, yang mulai dari harga bibit, harga bahan penunjang, harga penjualan bahan pangan ditingkat petani, serta menentukan harga jual di pasaran. Dengan adanya aturan tersebut, maka hasil dan harga pangan di Indonesia tidak akan berubah secara drastis dan bisa mencukupi pangan di Indonesia.

     Berdasarkan langkah tersebut, dapat disimpulkan bahwa upaya dalam mencapai swasembada pangan di Indonesia dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian yang terdapat di Indonesia. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk merealisasikan hal tersebut yaitu dengan meningkatkan kualitas petani melalui pelatihan, memanfaatkan lahan menjadi lebih produktif, mencetak lulusan yang berkualitas dan kompetensi di bidang pertanian, meningkatkan sarana dan prasarana, serta menetapkan aturan. Cara tersebut merupakan langkah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitias pertanian dalam mencapai swasembada pangan di Indonesia. (tulisan ini merupakan salah satu tulisan yang diikutsertakan dalam lomba essay nasional di Politeknik Negeri Lampung, November 2013 lalu)

Bibliography

 

Raka, M. (2013, Juli 23). Cimalaya Contoh Pertanian Nasional. Retrieved November 23, 2013, from Radar Kerawang: http://www.radar-karawang.com/2013/07/cilamaya-jadi-pertanian-percontohan.html

UMY, F. P. (2009). Profil Fakultas. Retrieved November 19, 2013, from Visi dan misi: http://www.umy.ac.id/fakultas-pertanian/profil-fakultas/visi-dan-misi-fakultas-pertanian

Winarsih, I. N. (2012, April 23). Retrieved November 22, 2013, from ROL Republika Online: http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-barat-nasional/12/04/23/m2xb3c-cegah-alih-fungsi-ke-perumahan-100-ha-sawah-akan-dilindungi

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: