• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Paragraf Induktif, berdasarkan letak kalimat Utama


      Paragraf induktif merupakan paragraf yang memaparkan penjelesan-penjelasan dan kemudian diakhiri dengan kaimat topik. Dengan kata lain, ide pokok paragraf ini terletak diakhir paragraf tersebut. Adapun jenis-jenis paragraf induksi adalah sebagai berikut:

1.      Generalisasi

        Generalisasi merupakan pola pengembangan paragraf yang kesimpulan  bersifat umumnya didapatkan dengan menggunakan beberapa fakta khusus. Di bawah ini adalah contoh paragraf generalisasi yang dikutip dari http://ueu6296.blog.esaunggul.ac.id:

     “Setelah karangan anak-anak kelas tiga diperiksa, ternyata Ali, Toto, Alex, dan Burhan, mendapat nilai delapan. Anak-anak yang lain mendapat nilai tujuh. Hanya Maman yang enam dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang. Oleh karena itu, boleh dikatakan anak-anak kelas tiga cukup pandai mengarang.”

 

2.      Analogi

      Analogi merupakan pola penyusunan paragraf yang berisi perbandingan dua hal yang memiliki sifat sama. Berikut adalah contoh paragraf analogi yang dikutip dari http://bahasaindonesiaqodir.wordpress.com:

      Ramadhan adalah alumni fakultas teknik ITB. Ia memiliki reputasi dan prestasi yang luar biasa di perusahaan Fikri Company. Ia mampu mengatasi kesulitan yang diderita oleh perusahaan itu.Gagasan-gagasannya sangat cemerlan. Pada  saat penerimaan karyawan baru, perusahaan menerima Ssaskia dengan mudah karena ia juga alumni fakultas teknik ITB. Perusahaan menganggap Saskia tentu akan menjadi karyawan yang  berprestasi sebagus Ramadhan.”

 

3.      Hubungan Kausal

       Hubungan kausal merupakan pola penyusunan paragraf dengan menggunakan fakta-fakta yang memiliki pola hubungan sebab-akibat.

a.       Sebab-Akibat

     Paragraf ini diawali oleh sebab dari suatu peristiwa atau kejadian dan kemudian diakhiri dengan kesimpulan sebagai akibat dari kejadian tersebut. Berikut adalah contoh paragraf sebab-akibat yang dikutip dari http://ueu6296.blog.esaunggul.ac.id:

      Era Reformasi tahun pertama dan tahun kedua ternyata membuahkan hasil yang membesarkan hati. Pertanian, perdagangan, dan industri, dapat direhabilitasi dan dikendalikan. Produksi nasional pun meningkat. Ekspor kayu dan naiknya harga minyak bumi di pasaran dunia menghasilkan devisa bermiliar dolar AS bagi kas negara. Dengan demikian, kedudukan rupiah menjadi kian mantap. Ekonomi Indonesia semakin mantap sekarang ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila mulai tahun ketiga Era Reformasi ini, Indonesia sudah sanggup menerima pinjaman luar negeri dengan syarat yang kurang lunak untuk membiayai pembangunan.”

b.      Akibat-Sebab

       Paragraf ini diawali dengan serangkaian peristiwa yang menjadi akibat kemudian dianalisis dan disimpulkan untuk mencari penyebab dari peristiwa atau kejadian tersebut. Berikut adalah contoh paragraf akibat-sebab yang dikutip dari http://rhyaria.blogspot.com:

       “Mandala dikeluarkan dari sekolahnya. Dia jarang masuk kelas, tugas tidak pernah dikumpul, saat ulangan pun dia hanya mengumpulkan kertas jawaban kosong, terakhir dia diketahui ikut dalam tauran antar sekolah.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: