• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Narasi Dan Jenisnya


       Narasi lebih dikenal sebagai suatu cerita yang menggambarkan secara detail sebuah peristiwa baik nyata maupun rekaan. Sakit (2013) mengemukakan beberapa hal yang berkaitan dengan narasi, yakni: 1) berbentuk cerita atau kisahan, 2) menonjolkan pelaku, 3) menurut perkembangan dari waktu ke waktu, dan 4) disusun secara sistematis. Adapun ciri-ciri narasi itu sendiri adalah sebagai berikut:

(1)     Menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan.

(2)     Dirangkai dalam urutan waktu.

(3)     Barusan menjawab ppertanyaan apa yang terjadi.

(4)     Ada konflik.

(5)     Berupa cerita tentang peristiwa atau pengalaman penulis.

(6)     Kejadian atau yang disampaikan berupa peristiwa yang benar-benar terjadi, dapat berupa semata-mata imajinasi atau gabungan keduanya. 

(7)     Berdasarkan konfiks, karena tanpa konfiks biasanya narasi tidak menarik.

(8)     Memiliki nilai estetika.

(9)     Menekankan susunan secara kronologis.

Narasi itu sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu:

1.      Narasi Ekspositorik (Narasi Teknis)

        Narasi ekspositorik merupakan narasi yang menyampaikan informasi tentang kisah seseorang dengan tujuan memperluas pengetahuan orang tentang kisah tersebut. Dengan kata lain, narasi ini berdasarkan suatu kisah nyata atau berdasarkan kisah-kisah faktual yang benar-benar terjadi. Narasi eksposisi juga disebut sebagai narasi non fiktif. Berikut adalah contoh paragraf narasi ekspositorik yang dikutip dari http://ueu6296.blog.esaunggul.ac.id :

Charil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Juli 1922 dan meninggal di Jakarta. 28 April 1949. Ia adalah seorang penyair terkenal yang dikenal dengan julukan “Si Binatang Jalang”. Bersama dengan Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai Pelopor Angkatan ’45 dan Puisi Modern Indonesia. Chairil Anwar meninggal dalam usia yg masih sangat muda karena TBC. Ia dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta. Makamnya diziarahi oleh ribuan pengagumnya dari zaman ke zaman. Hari meninggalnya juga selalu diperingati sebagai Hari Chairil Anwar (Biografi Chairil Anwar).”

1.      Narasi Sugesif

        Narasi sugesif juga dikenal sebagai narasi fiktif yang bersifat imajinatif. Narasi sugesif merupakan narasi yang bertujuan menyampaikan makna tersirat kepada pendengar atau pembaca. Selain itu, narasi sugesif juga membuat pembaca atau pendengar seolah-olah melihat atau mengalami kisah tersebut. Berikut adalah contoh paragraf narasi sugesif yang dikutip dari http://ueu6296.blog.esaunggul.ac.id:

“Beberapa detik dia masih bersandar pada pintu dan menyalakan sebatang rokok. Di atas tempat tidur sebelah kanan ada dua selimut yang agak bersih dan tampaknya kasur jerami baru diisi. Di sebelah kiri ada sebuah meja cuci: kerannya masih baik, tetapi sumbatnya tidak ada lagi. Kaleng di sebelahnya sudah dibersihkan dengan karbol sehingga tidak berbau. Tembok batu sebelah-menyebelah dibuat begitu kuat supaya jangan kedengaran ketokan dari luar tetapi bagian-bagian terobosan pipa-pipa pemanas dan selokan hanya didempul, sehingga suara menggema juga. Lagi pula pipa pemanas itu sendiri rupa-rupanya memang turut juga menyalurkan suara. Jendela dibuat kira-kira sebagai mata.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: