• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Tokoh- Tokoh Kebangkitan Dunia ISlam


Kebangkita Islam di dunia tidak terlepas dari tokoh- tokoh yang melandasi dan mempelopori kebangkitan islam. Adapun contoh tokoh tersebut yaitu:

a.Jamaludin Al Afghani

     Jamaludin Al Afghani telah lahir di Asad Abad, Konar, Afghanistan pada tahun 1838. Beliau telah menghabiskan masa kecil dan remajanya di Afghanistan, namun setelah remaja beliau pergi berjuang ke negara India, Mesir, dan bahkan ke Prancis. pada usia ke 18, Jamaludin Alfghani telah menguasai ilmu keagamaan serta telah mendalamifalsafah, huku, sejarah, metafisika, kedokteran, sains, astronomi, dan astrologi.

    Dengan keahlian dan kepandaian, Jamaludin Al- Afghani berhasil mendorong rakyat India untuk bangkit melawan kekuasaan Inggris. Pada tahun 1857, terdapat kesadaran untuk melawan penjajahan oleh rakyat India. Kemudian Al- Afghani telah diminta oleh penguasa Afghanistan yang bernama Pangeran Dost Muhammad Khan untuk membantunya. Alhasil, pada tahun 1864 beliau pun kemudian diangkat menjadi penasehat pribadi Pangeran Dost Muhammad Khan. Pada tanggal 9 maret 1897, Jamaludin Al-Afgahani meninggal dunia di Turki.

      Jamaludin Al-Afgahani telah berhasil dalam menggerakkan kesadaran umat islam dengan gerakan revolusionarnya yang bernama Pan- Islamisme. Pan- Islame meruapakan suatu gagasan untuk menyatukan dalam menyatukan dan membangkitkan dunia arab dan dunia islam dalam menentang kolonialsme.

 

b. Muhammad Abduh

       Muhammad Abduh telah lahir di desa Mahallat Nashr, provinsi Gharbiyah, Mesir pada tahun 1849 dengan nama lengkap Muhammad Abduh bin Hasan Khairullah. Semasa kecil Muhammad Abduh dikirim oleh orang tuanya untuk belajar agama di Thanta pada tahun 1862. Namun, dikarenakan ada faktor, beliau pun keluar belajar agama di Thanta dan kemudian melanjutkan pelajarannya di Mahallat Nashr. 

     Pada usia 17 tahun, Muhammad Abduh kemudian menikah tepatnya tahun 1866. Setelah menikah, beliau kemudian melanjutkan pendidikannya sebagai tenaga pendidik di Universitas Al- Azhar, Mesir. Di universitas tersebut, Muhammad Abduh telah banyak memberikan masukan dan ide. Sebagai contoh beliau telah memberikan saran tentang masalah administrasi serta perluasan kerikulum di universitas Al- Azhar tersebut.

     Pada era kehidupan Muhammad Abduh, islam sangat mengalami kemunduran dan kemerosotan. Hal ini terjadi karena adanya pemerintahan kekhalifahan Usmaniyah yang berhasil dipecah belah oleh bangsa eropa. Cara yang dilakukan oleh bangsa eropa untuk memecahbelah kekuasaaan Kekhalifahan Usmaniyah yaitu dengan menghasut bangsa arab untuk melepaskan diri dari kekuasaaan Turki Usmaniyah. Selain itu terdapat paham jumud di kalangan umat islam. Paham jumud yaitu suatu aliran yang dibawa oleh kaum non- muslim dengan memasukkan adat istiadat dan faham animisme kedalam umat islam. Alhasil, kondisi islam ketika itu sangat memprihatinkan.

      Bersamaan dengan gurunya, Muhammad Abduh telah menganjurkan kaum ulama untuk membuka pintu Ijtihad yang selama itu telah hilang. Meteod yang dilakukan oleh Muhammad Abduh ini telah banyak menuai kritik oleh beberapa ulama. Namun, Muhammad Abduh tetap konsisten dalam menyebarkan pemikiran pembaharuan islam. Alhasil beliau telah mengangkat citra dan kualitas islam dari keterpurukan dan keterbelakangan pada era tersebut.

 

c.Ayatullah Khomeini

       Ayatullah Ruhullah Khiomeini telah lahir pada tanggal 24 september 1902 di Iran. Semasa kecil, Beliau telah mengikuti pelajaran membaca dan menulis di kota Khumain dari gurunya yang bernama Mirza Ahmad. Pada usia ke 15 tahun, Khomeini telah menyelesaikan study bahasa Persia, bahasa Arab, dan berbagai study lainnnya. Pada usia ke 27 tahun Ayatullah Khomeini mengajarkan ilmu filsafat dan tasawutf kepada siswa yang memiliki keahlian khusus dari siswa yang lainnya.

    Pada tanggal 3 Juni 1963 bertepatan dengan 10 Muharram, Imam Khomeni telah memberikan pidato khusus sebagai penyangkalan terhadap tuduhan sementara pihak yang mengatakan bahawa kaum ulama akan membawa kembali kepada era pertengahan, serta adanya tuduhan yang mengatasnamakan kaum ulama menentang adanya modereanisasi di Iran. Karena dituduh menghasut rakyat, akhirnya Khomeini ditahan dan diasingkan ke Prancis. Namun di Prancis, Khomeini malah menyusun strategi dengan cara mengungkap pemikirannya kedalam bentuk tulisan, kaset pidato, dan ceramah yang telah diedarkan secara luas. Pada bulan Februari 1979 sekiranya kembali dari Prancis, Khomeini telah berhasil menggulingkan pemerintahan yang dipimpin oleh Syah Reza Pahlevi dan mampu membangun sebuah sistem pemerintahan Republik Islam dengan menempatkan kaum ulama di posisi sentral.

    Pada era Ayatullah Khomeini ini telah berhasil menggulingkan sebuah tatanan negara sekuler yang kuat hingga menjadi sebuah negara republik islam. Ayatullah Khomeini kemudian meninggal dunia pada tanggal 3 mei 1989 di Iran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: