• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Fungsi Bahasa


Secara umum, bahasa mempunyai fungsi dan tujuan yang sesuai dengan maksud penutur. Fungsi bahasa tersebut bisa dilihat sebagai alat ekpressi diri, bahasa sebagai media komunikasi, alat integrasi dan adaptasi sosial, serta bahasa sebagai alat kontrol sosial. Selain fungsi tersebut, Halliday (1973) menyebutkan tujuh fungsi bahasa sebagai fungsi instrumental, fungsi regulasi, fungsi representasional, fungsi interaksional, fungsi personal, fungsi heuristik, dan fungsi imaginatif.

 

1)      Fungsi Instrumental

   Yang dimaksud dengan bahasa sebagai fungsi instrumental adalah penggunaan bahasa dapat dipergunakan untuk melayani lingkungan dimana bahasa tersebut dipergunakan, serta bahasa dapat menyebabkan terjadinya peristiwa tertentu. Sebagai contoh bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa utama dalam rapat anggota DPR serta sekolah- sekolah di Indonesia. Contoh riil lainnya adalah penggunaan bahasa jawa yang memiliki level. Dimana telah menjadi unggah ungguh bagi masyarakat jawa untuk menggunakan bahasa jawa krama inggil untuk orang yang dianggap lebih tua atau dipandang lebih tinggi status sosialnya. Secara tidak langsung hal ini menjadi instrumen tidak tertulis yang ada dalam kehiupan bermasyarakat.

 

2)      Fungsi Regulasi

      Fungsi regulasi ialah penggunaan bahasa yang digunakan untuk mengawasi serta mengendalikan peristiwa- peristiwa yang terjadi dilingkungan manusia. Dengan kata lain, fungsi bahasa sebagai regulasi yaitu untuk mengatur dan mengendalikan penggunaan bahasa yang dipergunakan oleh masyarakat, misalnya dalam tanda jalan seperti belok kiri, belok kanan, jalan terus, dan lain – lain.

3)   

 F  Fungsi Representasional

      Fungsi representasionaladalah bahasa yang bertujuan untuk mengambarkan maksud dan tujuan tertentu. Maksud dan tujuan tersebut bisa berupa fakta dan pengetahuan, menjelaskan suatu peristiwa, melaporkan sesuatu, serta lain- lainnnya. Sebagai contoh ketika terjadi kecelakaan lalu lintas disuatu tempat, terdapat sejumlah wartawan yang meliput dan menyampaikan peristiwa tersebut dalam stasiun televisi. Dengan demikian, bahasa tersebut berfungsi sebagai representasional.

 

4)      Fungsi Interaksional

Fungsi interaksional adalah bahasa yang dipergunakan sebagai media dalam menjamin terjadinya interaksi serra memantapkan terjadinya komunikasi antara penutur dan pendengar dalam berkomunikasi. Dengan demikian bahasa sebagai alat jaminan dan bukti dalam proses terjadinya komunikasi.

5)      Fungsi Personal

Fungsi personal ialah bahasa yang dipergunakan sebagai alat dalam mengekpresikan diri, misalnya mengenai emosi, pendapat, perasaan, serta maksud- maksud yang bersifat individu. Sebagai contoh ketika seseorang ingin menyatakan perasaaanya tentang keindahan di pulau Bali, maka orang tersebut bisa menyampaikan perasaannya lewat tulisan, dan lainnya.

 

6)      Fungsi Heuristik

Fungsi heuristik adalah bahasa yang dipergunakan dalam mempelajari dan mengkaji ilmu pengetahuan, mengembangkan teknologi, serta menyampaikan rumusan- rumusan yang bersifat ilmiah. Memonumenkan sebuah ilmu bermanfaat yang bisa diwariskan kepada generasi penerus.

7)     

Fungsi Imaginatif

Fungsi imaginatif ialah bahasa yang dipergunakan dalam proses penciptaan imajinasi. Penciptaan imajinasi bisa berupa mendongeng, membuat cerita baik panjang maupun pendek, menciptakan khayalan / mimpi, serta lain- lainnya. Contohnya adalah peulisan sebuah novel, novel berisi cerita fiksi yang lahir akibat proses kreatif sang penulis.

 

Pada dasarnya, bahasa berfungsi sesuai dengan konteks,  kegunaan, tempat, kondisi, dan individu yang menggunakannya. Suatu bahasa sangat memungkinkan untuk tidak digunaakan disaat tertentu. Akan tetapi, bahasa memegang peran penting dan sebagai sebuah media yang untuk berinteraksi antara individu yang satu dengan yang lainnya. Fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari sangat erat kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat. Sebagai makhluk sosial, manusia memerlukan sebuah sarana untuk beradaptasi di lingkungan yang mereka tinggali. Dan, bahasa  merupakan jawaban untuk sarana tersebut. Dengan bahasa setiap individu bisa mengutarakan ide atau gagasan yang dimilikinya. Di sinilah fungsi komunikasi dan sebgai sarana mengekspresikan diri dari sebuah bahasa berperan. Di sisi lain, bahasa merupakan pemersatu dalam suatu lingkungan yang pastinya memiliki perbedaan.

Adapun, bahasa dapat difungsikan sebagai sarana untuk kontrol sosial yang mana dengan bahasa masyarakat dapat diatur dan diawasi. Dalam hal ini, bahasa dapat dijadikan sebagai sarana untuk memberikan informasi ataupun instruksi. Sehingga, suatu individu dalam kehidupan masyarakat dapat terkondisikan dengan adanya bahasa. Menurut ahli bahasa lain, Aldy (2004) bahasa juga difungsikan sebagai sarana memahami diri, seperti dimana seseorang menuliskan profil dan data diri. Sarana untuk memahami orang lain; sarana untuk mengamati lingkungan sekitar atau pengenalan dengan kebudayaan lain; sarana berpikir logis dalam memfilteri diri mengenai informasi informasi yang masuk seperti bacaan dari koran atau majalah yang sebagian besar adalah bacaan komersial; membangun kecerdasan karena akan ada proses belajar dalam berkomunikasi; mengembangkan kecerdasan ganda, membangun karakter, mengembangkan profesi, dan menciptakan kreatifitas baru.

Selanjutnya kedudukan bahasa, dalam hal ini Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yaitu bahasa yang digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, atau paling tidak semua bangsa Indonesia mengenal bahasa mereka. Pada beberapa daerah pedalaman, mungkin banyak yang masih sangat menutup diri dengan dunia luar, dalam hal ini bahasa Indonesia. Mengenai hal ini penulis mengajak untuk menyikapi secara bijaksana untuk menghormati pandangan mereka serta prinsip budaya mereka yang masih kental. Namun yang sejauh ini terekspose media, setiap masyarakat di pedalaman selalu memiliki satu atau dua pemuka masyarkat yang mampu berkomunikasi menggunkan bahasa Indonesia

bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang kenegaraan dan kebangsaan, hal ini menjadi aset yang sekaligus menjadi identitas bangsa Indonesia di kancah internasional. Contoh sederhaha, sebagai bangsa Indonesia kita bangga berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri. Kecuali jika ada kepentingan yang mengharuskan bangsa Indonesia menggunakan bahasa asing atau bahkan bahasa daerah mereka.

Masih tentang kedudukan bahasa, bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, dijadikan sebagai lingua franca sekaliguus bahasa pemersatu dari seluruh Nusantara. Bahasa Indonesia juga dijadikan sebagai lambang identitas nasional, dan  alat perhubungan, sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan, sebagai penghubung pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah, dan sebagai pengembangan kebudayaan nasional, ilmu, dan teknologi.

Keanekaragaman bahasa daerah di Indonesia juga berperan penting dan perkembangan bahasa Indonesia, dimana ada beberapa kosa kata dari bahasa daerah yang di serap kedalam bahasa Indonesis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: