• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Peranan Buku Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Era Telekomunikasi oleh Mori Manjusri


 

Oleh

 

Mori Manjusri 20110540017

 

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Pendidikan Bahasa

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Hp 085750880045

 

        Di era modern, informasi merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Dengan adanya informasi, seseorang akan lebih mudah dalam menambah pengetahuan dan wawasan agar tidak ketinggalan zaman. Menurut Harold D. Laswel (1948), informasi mempunyai 3 peranan penting di dalam kehidupan manusia, yaitu pertama, informasi berfungsi sebagai penjajagan lingkungan. Kedua, informasi berfungsi untuk menghubungkan bagian- bagian yang terpisah dari masyarakat dalam menanggapi lingkungan. Terakhir, informasi berguna untuk menurunkan warisan sosial dari generasi- generasi berikutnya. Untuk mendapatkan informasi, seseorang dapat menggunakan berbagai sumber seperti media elektronik dan media massa. Perbedaan antara media massa dan media elektronik yaitu terletak pada media yang menerbitkan informasi tersebut. Misalnya, informasi yang berasal dari media elektronik ialah televisi, radio, dan internet. Sedangkan contoh informasi yang berasal dari media cetak yaitu surat kabar, majalah, dan tabloid. 

         Komunikasi manusia dapat dilakukan secara lisan maupun secara tulisan. Komunikasi secara lisan merupakan komunikasi yang dilakukan secara langsung dari penyampai ke pendengar, misalnya pidato, ceramah, dan seminar. Di sisi lainnya, komunikasi secara tulisan merupakan komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung dan memerlukan alat sebagai media penyampai informasi, sebagai contoh buku bacaan dan internet. Menurut Wikipedia, terdapat 3 jenis komunikasi yang dapat dilakukan antara pengirim dan penerima informasi dalam berkomunikasi yaitu sebagai berikut:

  • Komunikasi 1 arah, yaitu kemunikasi yang dilakukan antara penerima dan pengirim informasi tanpa melakukan komunikasi yang berkesinambungan, misalnya televisi, radio, dan internet.
  • Komunikasi dua arah, yaitu komunikasi yang dilakukan oleh pengirim dan penerima informasi dengan menjalin komunikasi yang berkesinambungan, misalnya telepon.
  • Komunikasi semi dua arah, yaitu kemunikasi yang dilakukan antara pengirim dan penerima informasi secara bergantian, misalnya chart box di facebook.

Abad ke 21 merupakan abad yang sangat modern, dimana hampir semua sektor sudah menggunakan teknologi sebagai sarana penggerak. Abad ini juga dikenal dengan era teknologi. Era teknologi merupakan suatu zaman dimana orang- orang sudah menggunakan sarana teknologi dalam melakukan kegiatan/ aktifitas sehari- hari. Di era tersebut, manusia telah mengenali dan menggunakan media yang sangat modern dalam menyelesaikan pekerjaan manusia, seperti penggunaan e-mail, handphone, televisi, radio, komputer, dan lain- lain. Penggunaan media tersebut membuat pekerjaan manusia lebih mudah dan cepat dilakukan, misalnya orang pada zaman dahulu masih menggunakan surat sebagai media untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun seiring waktu, penggunaan surat dalam berkomunikasi telah tergantikan oleh handphone ataupun e-mail. Adapun terdapat perbedaan antara penggunaan surat dan telepon/ e-mail dalam berkomunikasi yaitu terletak pada proses pengiriman, dimana komunikasi menggunakan surat akan membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengiriman, sedangkan berkomunikasi menggunakan telepon/ e-mail akan lebih efisien, cepat dan menghemat waktu.

Dalam berkomunikasi dengan orang lain, proses yang seseorang gunakan dalam berkomunikasi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu komunikasi yang dilakukan secara jarak dekat (nearer communication distance) dan berkomunikasi secara jarak jauh (communication long distance). Berkomunikasi jarak dekat (nearer communication distance) merupakan suatu proses berkomunikasi yang dilakukan secara langsung tanpa menggunakan bantuan media/ alat, misalnya berdiskusi di dalam kelas, mendengarkan pidato/ ceramah di mesjid, dan lain- lain. Sedangkan komunikasi secara jarak jauh (communication long distance) merupakan komunikasi yang dilakukan secara berjauhan dengan menggunakan bantuan media. Komunikasi secara jarak jauh juga dikenal dengan istilah telekomunikasi. Pada dasarnya, telekomunikasi merupakan perpaduan antara kata tele- dan komunikasi. Kata tele berasal dari Yunani yang berarti jauh. Sedangkan komunikasi menurut Wikipedia merupakan “suatu proses dimana seseorang ataupun beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat untuk menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang- orang lain”. Berdasarkan pada pengertian tersebut, maka dapat didefinisikan bahwa telekomunikasi merupakan suatu proses dimana sekelompok orang maupun individu dalam berhubungan/ berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yang berjauhan.

        Era dimana orang- orang berkomunikasi secara jarak jauh dikenal dengan era telekomunikasi. Era telekomunikasi merupakan suatu zaman dimana orang- orang yang berkomunikasi dengan orang lain berada dalam suatu jarak yang berjauhan dan memerlukan media sebagai alat berkomunikasi. Era ini sudah dimulai sejak ditemukannya telepon oleh Alexander Grahambell sebagai sarana berkomunikasi jarak jauh pertama kali. Dalam pelaksanaan di era telekomunikasi, manusia di tuntut untuk bisa menggunakan teknologi dalam berkomunikasi. Hal ini bertujuan agar komunikasi yang dilakukan secara jarak jauh bisa terlaksana dengan baik, misalnya manusia bisa mengoperasikan komputer, telepon, handphone, dan lain- lain. Menurut Wikipedia, contoh media/ alat yang digunakan dalam berkomunikasi di era telekomunikasi ialah telegraph, telepon, radio, televisi, SMS, dan internet.  

  • Telegraph

     Kata telegraph merupakan perpaduan antara kata tele– dan –graph yang sama- sama berasal dari bahasa Yunani. Kata tele berarti jauh, sedangkan kata graph (graphein) yang berarti tulisan. Dengan pengertian tersebut, dapat didefinisikan bahwa telegraph merupakan suatu media dalam berkomunikasi secara jarak jauh menggunakan tulisan sebagai media yang dikirim. Wikipedia mendefinisikan telegraph sebagai “suatu penghantaran pesan bertulis jarak jauh yang tanpa sembarang pengangkutan fizikal huruf”. Di dalam telegraph ini, pesan yang dikirim melalui kode morse dengan alat yang bernama telegram.

  • Telepon

      Telepon merupakan suatu alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam bentuk suara. Untuk menghasilkan suara saat berkomunikasi, sinyal elektrik ditransmisikan dan diubah menjadi sinyal yang dapat didengar oleh penerima. Proses pentransmisian sinyal elektrik menjadi sinyal yang dapat didengar oleh penerima terjadi di kabel telepon. Kabel telepon ini terhubungkan dengan aliran listrik yang membuat proses komunikasi dapat terjadi. 

  • Radio

      Radio merupakan salah satu media yang digunakan dalam berkomunikasi secara jarak jauh. Cara yang digunakan radio dalam berkomunikasi yaitu sinyal yang dikirim berupa suara diterima oleh transducer. Di transducer tersebut, sinyal yang berupa suara diterima serta diproses dan kemudia diubah menjadi sinyal elektronik. Sinyal- sinyal yang berupa sinyal elektronik lalu di terima oleh pemancar radio sebagai gelombang elektromagnetik. Oleh receiver (alat penerima), gelombang elektromagnetik di ubah menjadi sinyal elektronik dan kemudian diterima oleh transducer. Di transducer itulah sinyal elektronik di ubah menjadi sinyal- sinyal yang berupa suara yang dapat di dengar oleh pendengar. Di Indonesia, terdapat banyak stasiun pemancar radio yang dapat ditemui, misalnya 98.20 FM Radio POP Jogja, 102.9 FM Radio Republik Indonesia (RRI), 89.1 FM Radio POP Magelang, serta radio lainnya.

  • Televisi

       Kata televisi berasal dari kata tele dan visio. Menurut bahasa Yunani, kata tele berarti jauh dan visio berarti penglihatan. Dengan demikian, televisi dapat di artikan sebagai “suatu alat berkomunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/ penglihatan (Wikipedia)”. Pada dasarnya, penyiaran saluran televisi di sebarkan melalui gelombang UHF dan VHF. Gelombang tersebut diterima oleh sirkuit penerima dan sirkuit penangkap gelombang penyiaran yang terdapat di sirkuit elektronik. Sirkuit tersebut kemudian mengubah sinyal elektronik menjadi sinyal yang berupa gambar dan suara. Contoh dari saluran televisi yang terdapat di Indonesia yaitu SCTV, RCTI, TVRI, MNC Tv, serta saluran televisi lainnya.

  • SMS

        SMS (short Message Sending) merupakan suatu layanan yang memungkinkan seseorang untuk mengirimkan pesan singkat kepada orang lain. Cara kerja layanan pesan singkat (SMS) yaitu komunikasi semi dua arah, yang mana pengirim informasi mengirimkan pesan atau menjalin komunikasi dengan penerima secara bergantian dan berkelanjutan. Terdapat banyak operator penyedia jasa pengiriman pesan di Indonesia, seperti TELKOMSEL, INDOSAT, XL dan lainya.

  • Internet

        Internet merupakan suatu layanan yang memungkinkan seseorang untuk bisa berhubung dengan orang lain. Terdapat 2 layanan yang terdapat di internet yaitu teknologi secara online (Online Technology) dan jaringan media sosial (Social Networking Site). Teknologi secara online (online technology) merupakan suatu layanan yang memudahkan pengguna untuk menggunakan layanan secara online di internet, misalnya weblog, wikipedia, Youtube, dan lainnya. Sedangkan jaringan media sosial (Social Networking Site) merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk saling berhubung dengan pengguna lainnya secara online, misalnya Facebook, Twiter, dan MySpace.  

         Penggunaan media tersebut di era telekomunikasi juga mempunyai kelemahan yaitu kemungkinan terjadinya kesalahan baik dalam pelaksanaan komunikasi maupun media yang digunakan. Contoh kesalahan yang disebabkan oleh pelaksaan komunikasi yaitu kesalahan pemakaian (terjatuh, kehilangan). Sedangkan kesalahan yang disebabkan oleh media yang digunakan yaitu terjadinya gangguan jaringan serta terjadinya bencana alam (gempa bumi, kebakaran) yang menyebabkan gangguan dalam berkomunikasi.

 Image   Pada saat ini terdapat media yang dapat seseorang gunakan dalam berkomunikasi di era telekomunikasi, yang salah satunya ialah buku. Menurut Wikipedia, buku merupakan “sekumpulan kertas atau bahan lainnya yang di jilid menjadi satu dan pada salah satu ujungya berisi tulisan atau gambar”. Dengan kata lain, buku merupakan kertas- kertas yang di susun sedemikian rupa dan di jilid menjadi satu kesatuan. Menurut sejarah, buku sudah ditemukan oleh orang Mesir sejak tahun 2400-an SM. Sejarah ini dimulai ketika orang- orang Mesir menemukan dan menciptakan kertas yang dapat di tulis dan gulung menjadi buku. Kertas ini bernama Papirus. Namun, seiring berkembangnya teknologi, penggunaan Papirus sebagai bahan dasar pembuatan kertas di Mesir pun tergantikan oleh kertas yang berbahandasarkan bambu. Kertas berbahan bambu ditemukan oleh Tsai Lun dari China. Kelebihan kertas berbahan bambu yaitu ringan dan bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama. Contoh buku yaitu komik, majalah, kamus, novel, dan ensiklopedia.

          Di era telekomunikasi, buku mempunyai peranan yang sangat penting terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dalam hal ini, buku diciptakan mempunyai peranan yang sangat penting terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) manusia. Adapun peranan buku terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di era telekomunikasi yaitu pertama, buku sebagai wadah dalam pengkajian dan pengembangan keilmuan. Kedua, buku sebagai sarana/ media untuk mencerdasakan kehidupan berbangsa dan bernegara. Ketiga, buku sebagai media berkomunikasi. Terakhir, buku berperan sebagai sumber informasi/ pengetahuan yang tepat, akurat, dan terpercaya. Dengan adanya peranan tersebut, maka buku mempunyai peranan yang sangat penting terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era telekomunikasi seperti saat ini.

        Pertama, peranan buku di era telekomunikasi yaitu sebagai suatu media dalam pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Tidak bisa di pungkiri bahwa semakin maju dan mahir seseorang dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), maka seseorang tersebut akan lebih berkembang dari segi keilmuannya dan akan lebih bermartabat. Firman Allah SWT dalam QS. Al- Mujadalah ayat 11, yang berbunyi:

فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ

Artinya: “Allah akan mengangkat orang- orang yang beriman di antara kamu sekalian dan yang berilmu beberapa derajat”.

Maksud firman Allah dalam surah ini sangat jelas bahwa Allah akan mengangkat dan meninggikan derajat bagi mereka, ialah orang yang berilmu pengetahuan walaupun sama- sama beriman. Pada dasarnya, Ilmu merupakan pengetahuan yang memenuhi ciri-ciri tertentu, sedangkan teknologi merupakan penerapan ilmu- ilmu dasar untuk memecahkan masalah guna mencapai maksud dan tujuan tertentu. Jadi ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan penerapan ilmu- ilmu dasar yang memiliki ciri tertentu untuk mencapai maksud dan tujuan yang di inginkan. Di dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, buku berfungsi sebagai media pengkajian dan pengembangan keilmuan karena setiap pengetahuan yang terdapat di bumi ini di tulis ke dalam buku- buku. Tujuan penulisan pengetahuan kedalam buku- buku yaitu sebagai sumber atau pegangan seseorang dalam pengkajian pengetahuan bagi generasi selanjutnya. Sebagai contoh, seorang mahasiswa PBI UMY ingin membuat sebuah penelitian tentang penyebab mahasiswa kehilangan motivasi dalam belajar bahasa Inggris. Maka, mahasiswa tersebut bisa menggunakan buku yang berasal dari keluaran terdahulu hingga buku keluaran terbaru sebagai referensi pengkajian. Dengan kata lain, penulisan pengetahuan kedalam buku berfungsi sebagai referensi- referensi dalam pengkajian ilmu pengetahuan dan teknologi bagi generasi selanjutnya.

       Kedua, peranan buku terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era telekomunikasi yaitu sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini dikeranakan isi buku memuat informasi dan pengetahuan yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari. Richard Whitlock pada abad ke XVII mengatakan bahwa “buku adalah penasihat yang bebas biaya, buku tidak menolak permintaan, buku adalah permata, buku adalah sahabat yang baik”. Maksud dari pernyataan yang disampaikan oleh Richard Withlock adalah pengetahuan yang terdapat di buku tidak dapat di ragukan dan dapat berguna serta bermanfaat bagi semua orang.

       Ada semboyan yang mengatakan bahwa buku merupakan jendelanya dunia. Hal ini dikarenakan banyak informasi dan pengetahuan yang terjadi di seluruh belahan dunia di catat dan dipublikasikan kedalam buku. Sebagai contoh, Rod Ellis yang merupakan seorang professor di Universitas Philadelphia, Amerika Serikat menuangkan ilmu pengetahuannya kedalam sebuah buku yang berjudul “Second Language Acquisition/ pemerolehan bahasa kedua”. Selain itu, Dra. Nurul Zuriah, yang merupakan seorang yang ahli dibidang penelitian menuangkan pengetahuannya kedalam sebuah buku yang berjudul “metodologi penelitian sosial dan pendidikan”, serta ahli lain- lainnya. Di karenakan buku merupakan jendelanya dunia, maka kunci yang dapat membuka jendela tersebut yaitu dengan membaca. Membaca sangat penting dilakukan guna menambah wawasan dan pengetahuan seseorang, khususnya bagi mahasiswa. Semakin sering seseorang membaca, maka tingkat keahlian dan kemahiran seseorang dalam menganalisisa pengetahuan pun semakin tinggi dan luas.

Di dalam agama Islam, membaca merupakan salah satu cara untuk beribadah kepada Allah SWT. Allah SWT telah menekankan pentingnya ummat islam untuk membaca. Hal ini sesuai dengan firman Allah pada QS.Al- ‘Alaq ayat 1 & 5 yang berbunyi:

 (٢) خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ    (١)اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

(٥)   عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ   (٤)  الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ   (٣)   اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ    

 

Artinya:

“Bacalah dengan (menyebut) nama tuhan-Mu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhan- Mulah yang Maha Mulia. Yang mengajarkan (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahui”.

Maksud dari surah ini ialah Allah SWT menyuruh ummat manusia khususnya umat agama islam untuk membaca. Membaca di dalam surah ini adalah membaca kalam (firman- firman) Allah SWT yang terdapat di alam semesta, baik secara fakta, kejadian, proses, maupun sejarah.

 

        Di dunia ini, terdapat beberapa negara yang mengutamakan membaca bagi masyarakatnya, yang salah satunya ialah Jepang. Di negeri Sakura ini, membaca sangat di utamakan bagi masyarakatnya karena dianggap membantu dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa. Metode yang digunakan oleh pemerintah Jepang dalam menggalakkan minat membaca bagi masyarakatnya yaitu dengan selalu memperbaharui buku, majalah, maupun artikel. Buku, majalah, maupun artikel yang sudah terbit di luar Jepang seperti di Inggris, Amerika Serikat, Brazil, dan negara lainnya diterjemahkan dan di terbitkan dalam bahasa Jepang. Hal ini dilakukan agar masyarkat di Jepang dapat mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang dan digunakan oleh masyarakat di Negara lain. Hasil yang diperoleh atas program ini yaitu sangat memuaskan, dimana hampir seluruh masyarkat Jepang bisa menguasai pengetahuan dan teknologi di dunia.

           Ketiga, peranan buku dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era telekomunikasi yaitu sebagai sarana dalam komunikasi. Komunikasi yang terdapat dibuku yaitu komunikasi yang dilakukan antara penulis dan pembaca buku. Komunikasi seperti ini dikenal dengan istilah komunikasi 1 arah, yaitu komunikasi yang terjadi antara penulis sebagai penyampai informasi kepada pembaca sebagai penerima informasi. Cara yang digunakan penulis dalam menyampaikan informasi di dalam sebuah buku yaitu dengan menampilkan/ menyampaikan gagasan, ide, fakta, opini, maupun pendapat kepada pembaca. Sedangkan komunikasi yang dilakukan oleh pembaca buku terjadi setelah membaca teks buku tersebut, misalnya mengomentari atau mengkritik makna/ isi buku tersebut.

Keempat, peranan buku dalam mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era telekomunikasi yaitu sebagai sumber informasi dan pengetahuan yang tepat, akurat, dan terpercaya. Buku merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan ide, gagasan, pendapat, atau pengetahuan. Salah satu kelebihan buku yaitu informasi atau pengetahuan yang terkandung di dalamnya dapat dipertanggungjawabkan keabsahan dan keakuratan data maupun sumber buku tersebut. Hal ini dikarenakan dalam menciptakan buku, penulis telah melakukan sejumlah penelitian dan penganalisisan yang dilakukan secara berulang- ulang. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil buku yang berkualitas baik secara isi maupun bentuk, serta dapat memberikan informasi/ pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca. Karakteristik buku yang baik yaitu memiliki pengarang yang jelas, mempunyai struktur penjelasan yang korehen, serta memiliki penjelasan yang jelas dan runtun di tiap sub- bab.

        Dengan adanya peranan buku tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa buku mempunyai kontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di era telekomunikasi, misalnya buku sebagai sumber dalam pengkajian dan pengetahuan keilmuan, sebagai media dalam mencerdaskan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sebagai sarana dalam komunikasi, serta sebagai penyedia informasi yang tepat, akurat, dan dapat dipercaya keabsahannya.

 

Referensi

 

Nurudin. (2006). SISTEM KOMUNIKASI INDONESIA. Yogyakarta: BIGRAF Publishing.

Rafiq, R. H. (1989). ISLAM DAN ERA KOMUNIKASI. Jakarta: PUSTAKA PANJIMAS.

Jakarta, T. P. (1998). Al- Islam dan IPTEK. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

https://en.wikipedia.org/wiki/Telegraphy, diakses pada 10 Mei 2013

http://en.wikipedia.org/wiki/Tele, diakses pada 4 Mei 2013

https://en.wikipedia.org/wiki/Radio,  diakses pada 10 Mei 2013

http://en.wikipedia.org/wiki/Internet, diakses pada 10 Mei 2013

http://id.wikipedia.org/wiki/Buku, diakses pada 4 Mei 2013

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi, diakses pada 4 Mei 2013

http://id.wikipedia.org/wiki/Televisi, diakses pada 8 Mei 2013

http://id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi, diakses pada 4 Mei 2013

http://kongaji.tripod.com/myfile/Al-Mujaadalah-ayat-11-13.htm, diakses pada 10 Mei 2013

http://ms.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi, diakses pada 4 Mei 2013

http://ms.wikipedia.org/wiki/SMS, diakses pada 8 Mei 2013

http://panji1102.wordpress.com/2010/11/27/96-qs-al-alaq/, diakses pada 10 Mei 2013

http://quran.com/44/38-39, diakses pada 10 Mei 2013

http://www.lib.ugm.ac.id/data/pubdata/pusta/purwono2.pdf, diakses pada 4 Mei 2013

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: