• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

ETIKA BERBICARA MENURUT AL QURAN DAN AL HADITS


Image       Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan kepada kita agar senantiasa berpegang pada hikmah dan ilmu syariah, termasuk didalamnya berdakwah menyeru dijalan Allah harus dengan kata-kata yang baik. “Serulah manusia kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik (QS An nahl : 125)

       Mauizhah khasanah, pelajaran yang baik adalah muatan pembicaraan yaitu mengajak kepada sesuatu yang baik dan harus dengan hikmah atau kebijaksanaan yang baik pula. Sehingga adab sopan santun juga perlu diperhatikan seorang muslim dalam manajemen bicara harus dapat mengendalikan lisan seperti yang disebutkan dalam majalah al mawaddah edisi 10 tahun 2011 oleh ustadz Abu Bakar Al Atsari yaitu :

1. Tidak memperbanyak pembicaraan pada hal-hal yang tidak memberikan manfaat.

 

       Dari Ibnu Umar radhiyallohu anhu Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda “Janganlah memperbanyak pembicaraan selain dzikrulloh karena banyak bicara yang bukan dzikrullah membuat hati keras dan manusia yang paling jauh dari Alloh adalah yang keras hati. (HR. Tirmidzi)

2. Berusaha berkata baik atau memperbanyak diam.

       Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda “Dan barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya berkata yang baik atau diam. (HR. Al Bukhari). Berkata Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqolani bahwa, ”Seseorang jika ingin berbicara  hendaknya berfikir sebelumnya. Jika ia yakin tidak akan berakibat jelek dan tidak mengahantarkan ke arah yang diharamkan atau dimakruhkan, silahkan ia bicara. Sekalipun pembicaraan itu hanya mubah saja, sebaiknya ia diam jika dapat menghantarkan keadaan pembicaraan yang haram atau makruh (fathul bari)

3. Berusaha untuk tidak mengucapkan kata-kata yang berlebihan tatkala dirinya sedang marah.

      Kondisi manusia tatkala marah pada umumnya tidak terkendali sehingga dianjurkan oleh syariat agar kemarahan itu mereda dengan berwudhu, berta’awudz merubah posisi dan diam. Dari Anas Al Juhani radhiyallohu ‘anhu berkata Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda: Barangsiapa yang mampu menahan amarah padahal ia mampu untuk melampiaskannya, Allah akan memanggilnya pada hari kiamat dihadapan para makhluk sampai ia dipilihkan bidadari mana yang dia sukai. (HR.Tarmidzi)

4. Mengikhlaskan semua perkataan dan perbuatan semata untuk mencari keridhaan Alloh swt.

     Dari Abdulloh bin mas’ud radhiyallohu ‘anhu dari Rasulullah shallallahu alahi wassalam bersabda, “Ada tiga hal yang jika tidak akan dijadikan tergelincir hati seorang muslim yaitu mengikhlaskan amal untuk Allah, menasihati pemimpin kaum muslimin dan menetapi jama’ah mereka”. (HR. Tirmidzi)

5. Tidak menampakkan kelebihan yang ada pada dirinya yang dapat menumbuhkan kesombongan didalam hati.

     Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda: “Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yang bertaqwa kaya hati lagi terembunyi (menyibukkan diri dengan ibadah dan dirinya)”. (HR Muslim)

6. Mengisi waktu dengan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia dan akheratnya.

     Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda: “Termasuk bagusnya islamnya seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat baginya”.  (HR. Tirmidzi)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: