• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Pengertian Serikat Pekerja


 Image     Pekerja merupakan seseorang yang melakukan suatu pekerjaan pada suatu instansi dengan tujuan untuk mendapatkan imbalan. Dengan bekerja, sesorang bisa mendapatkan upah yang dengan maksut untuk mencukupi kebutuhan pekerja tersebut.

    Berdasarkan Undang- Undang 1945 pasal 1 menyebutkan bahwa pekerja/buruh adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk yang lain.

     Seiring dengan adanya ditemukannya ketidakadilan dan penyelewengan terhadap pekerja, maka didirikanlah sebuah serikat untuk melindungi pekerja/ buruh yang bernama Serikat Pekerja. Serikat pekerja merupakan sebuah wadah untuk melindungi pekerja dari segala macam ketidakadilan dan penindasan. Menurut Wikipedia, yang dimaksut dengan serikat pekerja ialah sebuah organisasi pekerja yang bergabung bersama untuk mencapai tujuan umum dari segi upah, jam, dan kondisi kerja.

   Menurut undang- undang 1945 pasal 1 menyebutkan bahwa yang dimaksut dengan serikat pekerja ialah organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja dan buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya.

     Didalam pengertian serikat buruh menurut pasal 1 Undang- Undang 1945 terdapat beberapa kata yang bisa diartikan lebih rinci lagi, seperti serikat pekerja/ buruh diperusahaan dan serikat pekerja/ buruh diluar perusahaan.

   Adapun pengertian dari kedua kalimat yaitu Serikat pekerja/serikat buruh di perusahaan adalah serikat pekerja/serikat buruh yang didirikan oleh para pekerja/buruh yang didirikan oleh para pekerja/buruh di satu perusahaan atau di beberapa perusahaan. Selain itu, yang dimaksutkan dengan Serikat pekerja/serikat buruh diluar perusahaan adalah serikat pekerja/serikat buruh yang didirikan oleh pekerja/buruh yang bekerja diluar perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: