• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Laporan Praktikum Mengajar di SDNSN Keputran A Yogyakarta Bab 2


Pada bab kedua ini, penulis akan membahas mengenai waktu pelaksanaan praktikum mengajar di SDNSN Keputran A Yogyakarta serta sistem learning style yang digunakan penulis dalam melakukan praktikum mengajar di kelas 5 C.
1.Jadwal Pelaksanaan
Jadwal pelaksaan praktikum mengajar di Sekolah Dasar Negeri Standar Nasional (SDNSN) Keputran A Yogyakarta dimulai sejak masa semester kedua dimulai, yaitu dimulai sejak 3 Maret 2012 dan berakhir pada tanggal 9 juni 2012. Pada semester yang kedua ini, mahasiswa telah melakukan praktikum mengajar di Sekolah Dasar Negeri Standar Nasional (SDNSN) Keputran A Yogyakarta berjumlah 9 kali pertemuan tatap muka. Dengan adanya beberapa alasan, penulis memulai praktikum mengajar dikelas 5 C pada minggu yang ketiga, tanggal 17 Maret 2012.
2. Learning Style pada saat Praktikum Mengajar
Learning style (cara mengajar) merupakan aspek terpenting yang harus dilakukan selama proses mengajar berlangsung. Dengan adanya Learning style, proses mengajar akan berjalan baik dan sesuai yang diharapkan.
Penulis melakukan beberapa learning style pada saat melakukan praktikum mengajar dikelas 5 C. John Deney berpendapat menggalakkan siswa untuk mempelajari sesuatu dapat melalui pengalaman, perhatian dan percobaan. Berlandaskan teori tersebut, penulis melakukan dan mempraktekkan teori tersebut pada saat praktikum mengajar di kelas 5 C, yaitu dengan cara:
a).Perhatian
Penulis memberikan beberapa materi kepada saat praktikum dikelas 5 C dengan mengedepankn keaktifan siswa, seperti penulis menuliskan contoh materi yang akan diajarkan di papan tulis. Dengan hal tersebut, siswa dapat melihat secara langsung dan mengetahui secara langsung materi yang disampaikan.
b).Percobaan / evaluasi
Setelah diadakannya pemberian contoh materi yang diajarkan, penulis mencoba memberikan test untuk mengukur tingkat kepahaman dan keaktifan siswa didalam kelas. Dalam hal ini, penulis mengundang siswa untuk maju kedepan untuk mengisi soal dipapan tulis. Selain itu juga, penulis memberikan worksheet mengenai materi yang telah disampaikan diakhir jam praktikum mengajar kepada siswa dikelas 5 C.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: