• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Posting

  • Mori Manjusri’s Event

    Jadwal Pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016June 15th, 2015
    Untuk mengetahui jadwal pertandingan FC Barcelona musim 2015/2016, kunjungi http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/calendar
  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 69 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Mori Manjusri’s Community

Plagarism, Kejahatan Terbesar Di Dunia Pendidikan


    ImageDi dunia ini, setiap akedemia termasuklah akedemi pendidikan tidak menghendaki dengan adanya “Plagirism”. Yang dimaksutkan dengan Plagirism adalah suatu tindakan yang meniru, mencontoh, menjiplak, atau memindai hak milik orang lain yang sama persis dan kemudian menjadikan hasil tersebut menjadi hak milik pribadi. Plagarism ini sangatlah berbahaya dan dapat merugikan hak orang orang lain.Contoh dari bentuk plagarism ialah Copy Paste, mengambil kutipan tanpa menambahkan nama pengarang, membuat tulisan atau artikel sama persis dengan yang sebelumnya, mencontek,serta masih banyak lagi contoh lainnya.

    Di negara- negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan negara- negara maju lainnya tidak menghendaki adanya prektek plagirism. Hal ini disebabkan karena plagirism dapat merusak moral bangsa dan dapat merugikan orang lain. Seperti di negara Australia misalnya, pihak universitas tidak akan segan- segan akan mengeluarkan mahasiswanya yang ketahuan melakukan plagirism. Di samping itu juga, siswa sekolah dasar disana sudah dididik dan ditanamkan jiwa kemandirian. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dan menghilangkan praktek plagirsm ketika mereka sudah berkarya. Berbeda dengan negara Indonesia, praktek plagarism banyak ditemukan di masyarakat luas. Contoh dari dampak praktek plagarism ialah korupsi, pencurian, penipuan, yang semua ini penyebabnya karena tidak adanya moral kejujuran dan tidak adanya kesadaran akan bahaya dari plagirsm tersebut.

   Ketika praktek plagirism sudah menjalar didalam diri seseorang, maka bisa dikatakan orang tersebut akan dengan mudah untuk berbuat curang. Misalnya ketika seorang mahasiswa mencontek pada saat ujian, dan jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka bisa dikatakan bahwa tindakan- tindakan seperti itu akan biasa dia lakukan pada kemudian hari.

   Jadi, bagaimana cara untuk menghindari dan melindungi diri dari praktek plagarism tersebut? Salah satu cara untuk menghindari prakterk tersebut adakah kita harus yakin dan percaya pada diri pribadi bahwa kita bisa melakukan sesuatu secara mandiri, serta ada Allah SWT yang senantiasa memantau dan melihat perbuatan kita . Dengan cara ini, segala sesuatu bentuk plagirism tidak akan pernah di dilakukan.  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pety Nopiyanti

a student of Muhammaadiyah University

Buat Video Tahunanmu Sendiri!

Kami mendukung anda untuk maju.

sineasmudaindonesia

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: