• Mori Manjusri’s Archives

  • Mori Manjusri’s Categories

  • Mori Manjusri’s Posting

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Event

    Happy New year 2014January 31st, 2014
    I hope everythink is ok
  • Mori’s Manjusri Top Posts & Pages

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 65 other followers

  • Mori Manjusri's Diary

  • Cute Graphics, Cute Quotes, Cute Images
  • Mori Manjusri’s Community

Perbedaan Antara Test, Assessment, dan Evaluation di Language Testing


      Di dalam pengajaran dan pembelajaran pastilah tidak dapat terpisahkan terhadap 3 Imageistilah, yaitu test, assesment dan assesment. Ketiga hal tersebut mempunyai perbedaan dan peranan yang sangat penting. Bagi guru maupun dosen yang berkecimpung didunia pendidikan, ketiga istilah tersebut sangat penting untuk di pahami karena sebagai wadah dalam mengukur kemampuan siswa didik. Adapaun perbedaan ketiga hal tersebut yaitu:

A.Test

    Setiap sesuatu yang dikerjakan pastilah akan ada yang namanya istilah test. Secara singkat test dapat diartikan sebagai suatu proses pengukuran yang dilakukan tehadap seseorang dalam mengetahui keahlian seseorang (khusus dalam hal menulis, berbicara, mendengarkan, membaca) serta pengetahuan seseorang dalam waktu yang berbeda. Test ini sangat penting dilakukan, khususnya bagi seorang guru/ dosen untuk mengukur kemampuan siswa/ mahasiswa. Dalam memberikan test kepada siswa, terdapat beberapa jenis test yang dapat digunakan, misalnya progressive test, achievment test, pre- dan post- test, dan test- test lainnya.

B. Assesment

     Setelah dilakukan sejumlah test, maka dapat dilakukan assesment. Secara singkat, assesment diartikan sebagai suatu rangkaian test yang telah dilakukan dan dirangkum menjadi satu kesatuan. Dirangkum menjadi satu kesatuan diartikan sebagai suatu proses dalam pengelompokan siswa berdasarkan level atau tingkat, misalnya siswa A termasuk siswa yang pemula atau siswa B termasuk siswa yang professional. Dalam menentukan kategori siswa dapat dilakukan berdasarkan hasil test- test yang telah dilakukan.

C. Evaluation

    Tahap terakhir dari language testing yaitu dikenal dengan istilah evaluation/ evaluasi. Evaluasi merupakan suatu proses penyimpulan akan hasil dalam pembelajaran. Dalam hal ini, guru sebagai penyedia test mestilah menentukan siswa tersebut dengan memberikan nilai, misalnya siswa C mendapat nilai A, siswa F mendaptkan nilai E. Evaluasi ini sangat penting untuk di lakukan, karena sebagai hasil akan sejumlah test dan assessment. Hal yang dapat dilakukan di evaluasi yaitu perenungan akan hasil. Jika terdapat siswa yang mendaptkan hasil yang kurang memuaskan, maka siswa tersebut mestilah merenungkan atas pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, ada perlu evaluasi akan metode pembelajaran serta materi yang telah disampaikan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome to All about Mori Manjusri's Pictures

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

Material design 2013

A fine WordPress.com site

Nindha Dwi Hapsari

Empyrean Zone

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 65 other followers

%d bloggers like this: